Rabu 19 Apr 2023 16:18 WIB

Hati-hati, Google Larang 36 Aplikasi Android Populer Ini

Bug yang berhasil menyusup dalam aplikasi membuat perangkat lunak sangat berbahaya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Beberapa aplikasi yang telah diinstal jutaan kali justru bisa terkontaminasi bug (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Beberapa aplikasi yang telah diinstal jutaan kali justru bisa terkontaminasi bug (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ada peringatan Android baru pekan ini. Hal ini menjadi pengingat untuk waspada sebelum memasang aplikasi baru apa pun ke ponsel cerdas Anda.

Peringatan terbaru telah dikeluarkan oleh pakar keamanan di McAfee Mobile Security yang baru-baru ini menemukan banyak aplikasi yang telah terinfeksi dengan pustaka perangkat lunak berbahaya.

Baca Juga

Meskipun aplikasi itu sendiri tidak dibuat untuk berbahaya, bug yang berhasil menyusup ke dalamnya membuat perangkat lunak tersebut sangat berbahaya bagi pengguna. Lebih buruk lagi, beberapa aplikasi yang telah diinstal jutaan kali menjadikan ini masalah serius.

Setelah salah satu aplikasi yang terkontaminasi dimuat ke telepon, itu dapat digunakan oleh penjahat untuk melihat hal-hal seperti riwayat Wi-Fi, aplikasi mana yang digunakan dan bahkan melihat lokasi GPS terdekat. Itu berarti penjahat dunia maya dapat mengetahui dengan tepat ke mana Anda telah bepergian pada hari tertentu.

Mimpi buruk lain dengan serangan ini adalah memungkinkan penjahat dunia maya untuk melakukan penipuan iklan dengan mengklik iklan nakal. Ini semua dilakukan tanpa sepengetahuan pemiliknya dan dapat meraup uang besar untuk para penjahat. Meskipun penipuan iklan tidak membahayakan pengguna ponsel, hal itu dapat memperlambat perangkat dengan hal-hal yang menjadi terlalu banyak bekerja dan kelebihan beban data.

SangRyol Ryu dari McAfee mengayakan tim peneliti telah menemukan lebih dari 60 aplikasi yang berisi perpustakaan jahat pihak ketiga ini, dengan lebih dari 100 juta unduhan. "Kami melaporkan aplikasi yang ditemukan ke Google, yang segera mengambil tindakan," ujarnya seperti dilansir dari laman Express, Rabu (18/4/2023).

Google dilaporkan telah memberi tahu pengembang bahwa aplikasi mereka melanggar kebijakan Google Play dan perbaikan diperlukan untuk mencapai kepatuhan. "Beberapa aplikasi dihapus dari Google Play sementara yang lain diperbarui oleh pengembang resmi."

Sementara beberapa pengembang telah bekerja sama dengan cepat dengan permintaan Google, tampaknya lebih dari 30 sekarang telah diblokir karena aplikasi tersebut masih ditemukan berisi pustaka perangkat lunak berbahaya.

Beberapa aplikasi yang telah dihapus diantaranya Compass 9: Smart Compass, Bounce Brick Breaker, Infinite Slice, SomNote – Beautiful note app dan UBhind: Mobile Tracker Manager.

Satu-satunya kabar baik tentang serangan ini adalah bahwa saat ini tampaknya hanya aktif di Korea Selatan dan tidak ada laporan tentang pengguna Inggris yang terkena bug tersebut.

Namun, itu tidak berarti Anda harus lengah karena masih banyak cara ponsel Anda dapat menjadi target di masa mendatang.

Untuk memastikan Anda tetap aman, praktik yang baik untuk selalu membaca ulasan sebelum mengunduh aplikasi baru apa pun dan memeriksa pengembang untuk memastikan mereka memiliki reputasi yang baik.

Jika Anda melihat perilaku ponsel Anda berubah setelah penginstalan seperti melambat, menguras baterai, atau menjadi panas, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menekan tombol hapus.

Ini juga merupakan ide yang buruk untuk mengunduh aplikasi dari penyedia pihak ketiga karena perangkat lunak ini seringkali tidak melalui pemeriksaan ketat yang sama yang dilakukan oleh Google Play Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement