Selasa 18 Apr 2023 15:45 WIB

Ini Dia 6 Benda yang Sebaiknya tidak Dibersihkan dengan Soda Kue

Soda kue yang bersifat abrasif ringan bisa menggores atau merusak sejumlah benda.

Sebaiknya tidak membersihkan cermin dengan soda kue/. ilustrasi
Foto: .
Sebaiknya tidak membersihkan cermin dengan soda kue/. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--- Soda kue merupakan pembersih alami serbaguna yang bisa diandalkan untuk menghilangkan noda membandel. Banyak barang rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan soda kue, berkat fungsinya untuk menghilangkan jamur dan mengatasi bau.

Terlepas dari kekuatan "super" itu, ternyata ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan soda kue. Ini karena soda kue yang bersifat abrasif ringan bisa menggores atau merusak sejumlah jenis barang itu.

Baca Juga

Untuk menghindari kerusakan dan biaya tambahan, ada enam jenis benda tersebut. Berikut enam jenis barang yang dia anjurkan tidak dibersihkan memakai soda kue, dikutip dari laman Express, Selasa (18/4/2023).

 

1. Kaca

Hindari membersihkan kaca dengan soda kue, karena sifat soda kue yang abrasif atau bisa menyebabkan pengikisan sehingga permukaan kaca rentan tergores. Alih-alih soda kue, Sarah Dempsey dari myjobquote.co.uk merekomendasikan memakai larutan cuka untuk membersihkan kaca.

 

2. Bagian atas kompor keramik

Meskipun soda kue sangat bagus untuk membersihkan sebagian besar kompor, tapi tidak demikian untuk kompor yang terbuat dari keramik. Hindari pemakaian soda kue karena bisa menimbulkan goresan dan lapisan putih yang sangat sulit dihilangkan. "Jika Anda secara tidak sengaja menggunakan soda kue untuk membersihkan bagian atas kompor keramik, Anda dapat mencoba menghilangkan lapisan putih itu dengan cuka," ujar Dempsey.

 

3. Marmer

Meja marmer atau apa pun yang terbuat dari marmer sebaiknya tidak dibersihkan menggunakan soda kue. "Seiring waktu, soda kue dapat merusak lapisan pelindung pada marmer dan akan menyebabkan goresan mulai muncul pada marmer," kata Dempsey.

Terlebih lagi, harga marmer terbilang mahal, jadi memperbaiki kerusakan sekecil apa pun bisa memakan biaya. Sebagai ganti soda kue, gunakan sabun cuci piring dan air atau pembersih khusus marmer untuk mencegah munculnya goresan.

 

4. Furnitur kayu

Bagi yang ingin membuat furnitur kayu mereka tetap berkilau, hindari penggunaan soda kue untuk membersihkannya. Pasalnya, sifat soda kue bisa terlalu keras sehingga merusak sealant atau bagian finishing pada kayu. Supaya bagian itu tidak mudah aus, pakai semir khusus furnitur atau campuran air dan sabun cuci piring untuk membersihkan.

 

5. Alat makan berlapis emas

Emas adalah logam sangat lunak yang tidak akan mampu menangani sifat abrasif soda kue. Karena itu, perlu menghindari penggunaan soda kue untuk membersihkan apa pun yang dilapisi emas, termasuk peralatan makan berlapis emas. Soda kue dapat menyebabkan goresan dan kerusakan, juga membuat lapisan emas menjadi aus.

 

6. Lekukan dan retakan

Saat membersihkan permukaan apa pun dengan lekukan atau retakan, hindari pemakaian soda kue karena biasanya meninggalkan residu putih dan berdebu setelah dikeringkan. Itu bisa tidak sedap dipandang dan sedikit soda kue bisa terperangkap di celah dan retakan.

 

Barang-barang seperti remote control televisi, mouse komputer, dan keyboard juga tidak boleh dibersihkan dengan soda kue. Sebagai gantinya, disarankan membersihkan dengan kain mikrofiber yang sedikit dibasahi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement