Selasa 18 Apr 2023 14:07 WIB

Lupa Password Wi-Fi? Fitur Tersembunyi iPhone Ini Bisa Membantu

Ada dua cara untuk menemukan password Wi-Fi yang tersimpan di dalam iPhone.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Password Wi-Fi mungkin menjadi salah satu password yang sering dilupakan oleh sebagian orang.(ilustrasi)
Foto: WISE GEEK
Password Wi-Fi mungkin menjadi salah satu password yang sering dilupakan oleh sebagian orang.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Password Wi-Fi mungkin menjadi salah satu password yang sering dilupakan oleh sebagian orang. Alasannya, beragam perangkat gawai bisa terhubung secara otomatis dengan koneksi Wi-Fi di rumah hingga kantor tanpa harus memasukkan password-nya berulang kali.

Hal ini pula yang dialami oleh jurnalis teknologi Nelson Aguilar yang kerap menggunakan koneksi Wi-Fi di berbagai tempat yang dia kunjungi, mulai dari rumah teman, kafe, restoran, hingga perpustakaan. Dengan begitu banyak jaringan (Wi-Fi), mustahil untuk mengingat semua password-nya," jelas Aguilar.

Baca Juga

Aguilar pun merasa tak perlu mengingat password/Wi-Fi di rumahnya sendiri. Karena, lanjut Aguilar, semua perangkat gawainya akan terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi saat dia berada di rumah.

"Namun ada masa di mana saya perlu mengetahui password-nya, sebagai contoh, bila ada teman atau keluarga yang ingin terhubung dengan jaringan (Wi-Fi) yang sama, tak ada cara lain selain berbagi password dengan mereka," lanjut Aguilar.

Bagi pemilik ponsel pintar iPhone yang kesulitan untuk mengingat password Wi-Fi mereka, Aguilar memiliki sebuah tips sederhana. Aguilar mengatakan iPhone sebenarnya menyimpan semua password Wi-Fi yang pernah digunakan pada ponsel tersebut. "Anda hanya perlu tahu di mana menemukannya," tambah Aguilar.

Ada dua cara untuk menemukan password Wi-Fi yang tersimpan di dalam iPhone. Berikut ini adalah kedua cara tersebut, seperti dilansir CNET.

 

Cara Pertama

Untuk melakukan cara ini, pemilik iPhone harus memastikan bahwa ponsel mereka telah terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang dimaksud. Atau setidaknya, iPhone pernah terkoneksi dengan Wi-Fi tersebut di masa lalu dan saat ini iPhone berada dalam jangkauan Wi-Fi itu.

Bila memenuhi salah satu kriteria tersebut, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuka menu Setting lalu pilih Wi-Fi. Setelah itu cari nama jaringan Wi-Fi yang ingin diketahui password-nya, kemudian tap ikon informasi.

Langkah selanjutnya, tap opsi Password lalu gunakan Face ID, Touch ID, atau masukkan passcode untuk melihat password jaringan Wi-Fi. Selanjutnya, pilih salin atau copy untuk menyimpan password Wi-Fi dalam clipboard.

 

Cara Kedua

Bila iPhone sedang tak terhubung dengan jaringan Wi-Fi, ada cara lain yang bisa dilakukan. Untuk melihat semua password Wi-Fi yang tersimpan di dalam iPhone, buka menu Setting lalu pilih Wi-Fi. Selanjutnya, tap tombol Edit yang ada di sisi kanan atas.

Nanti akan muncul sebuah daftar berisikan semua nama jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan iPhone milik pengguna. Seluruh daftar nama jaringan Wi-Fi ini diurutkan secara abjad dan numerik. Untuk melihat password dari masing-masing jaringan tersebut, tap ikon informasi lalu pilih Password. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement