Sabtu 15 Apr 2023 16:20 WIB

Pembaruan Windows 11 Lemot, Gara-gara AI?

Pembaruan menyebabkan kelambatan dan bug di beberapa fitur dasar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna Windows 11 mengelukan kelambatan dan bug di beberapa fitur dasar perangkat lunak/ilustrasi.
Foto: ©Mashable
Pengguna Windows 11 mengelukan kelambatan dan bug di beberapa fitur dasar perangkat lunak/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Misi Microsoft untuk mengintegrasikan semua produknya dengan kecerdasan buatan (AI) bisa dianggap tercapai dengan mengorbankan fungsi dasar. Pada akhir Februari, Microsoft mengumumkan pembaruan Windows 11 yang akan menyertakan mesin pencarian Bing bertenaga AI langsung di bilah tugas.

Tetapi sekarang, pembaruan keamanan wajib yang dipasang pada 11 April, dilaporkan menyebabkan kelambatan dan bug di beberapa fitur dasar perangkat lunak. Sejumlah pengguna di komunitas Windows 11 Reddit telah melaporkan kecepatan SSD (solid-state drive) yang lambat, ikon desktop yang rusak atau hilang.

Baca Juga

Kemudian masalah dengan bilah tugas dan Pengelola Tugas, serta pesan kesalahan yang terkait dengan Pembaruan Windows. Belum diketahui jelas apakah masalah dengan Bing baru, terkait dengan AI, tetapi pengguna merasa frustrasi karena Windows merilis pembaruan buggy tersebut.

"Begitu banyak bug dan ketidakkonsistenan yang tersisa untuk diperbaiki, dan mereka merasa hal terbaik untuk dilakukan adalah menambahkan iklan yang memberitahu Anda untuk beralih ke akun Microsoft," kata seorang Redditor, seperti dikutip dari laman Sea Mashable, Sabtu (15/4/2023).

Dia merujuk pada fitur iklan baru di menu Start yang mempromosikan akun Microsoft, One Drive Upgrades. "Tidak pernah, Microsoft. Tidak akan pernah,” tulis pengguna tersebut.

Implikasinya bahwa Microsoft mungkin sedikit teralihkan dengan meluncurkan fitur-fitur baru ketika harus fokus untuk memastikan sistem operasinya berjalan dengan baik. Semakin banyak pengguna yang menunjukkan bug, dasbor kesehatan rilis, bagian dari situs web Microsoft yang memantau rilis untuk hal-hal seperti bug dan apakah bug telah diselesaikan. Meski demikian, belum jelas apakah masalah ini terkait dengan AI atau tidak.

 

Cara memperbaiki masalah ini dengan pembaruan Windows 11 terbaru

Untuk saat ini, solusi tidak resmi adalah mencopot pemasangan Windows 11 dan menunggu pembaruan untuk menyelesaikan masalahnya. Pengguma dapat melakukannya dengan menavigasi ke Pembaruan Windows dari Menu ‘Mulai’. Dari sana, klik "lihat riwayat pembaruan", temukan pembaruan, yang disebut "KB5025239" dan klik "Copot pemasangan".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement