Sabtu 15 Apr 2023 14:35 WIB

ChatGPT Bisa Segera Digunakan di Windows, Bagaimana Caranya?

Microsoft membawa ChatGPT ke Windows 10 dan Windows 11.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna bisa langsung mengakses ChatGPT di Windows 10 dan Windows 11./ilustrasi
Foto: Unsplash
Pengguna bisa langsung mengakses ChatGPT di Windows 10 dan Windows 11./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft telah banyak melakukan integrasi kecerdasan buatan (AI) ke dalam aplikasi dan layanannya. Belakangan, perusahaan telah mengintegrasikan ChatGPT produksi OpenAI ke dalam Bing, bilah pencarian Windows 11 dan Browser Edge.

Selain itu juga menambahkan Microsoft 365 Copilot ke aplikasi dan layanan Office. Sekarang dengan rencana baru, akan memungkinkan pengguna bisa langsung mengakses ChatGPT di Windows 10 dan Windows 11.

Baca Juga

Menurut laporan, dikutip dari laman Gadgetsnow, Microsoft akan mengintegrasikan ChatGPT ke Windows melalui PowerToys. PowerToys adalah sekumpulan utilitas bagi pengguna daya untuk menyetel dan menyederhanakan pengalaman Windows untuk produktivitas yang lebih besar.

PowerToys memungkinkan pengembang bereksperimen dengan ide-ide baru mereka dan menghadirkan berbagai layanan serta kemampuan ke beberapa platform, termasuk Windows dengan Microsoft.

Insinyur perangkat lunak independen, Simone Franco, berada di balik proyek ini. Plug in baru ini memungkinkan pengguna Windows 11 untuk melakukan sideload aplikasi Android di PC mereka tanpa melalui kode yang rumit, dan mengakses langsung ChatGPT di Windows.

Menurut postingan blog, pengembang menyebutkan bahwa PowerToys akan memungkinkan pengguna mengakses ChatGPT melalui PowerToys Run di Windows. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengajukan pertanyaan, dan menerima tanggapan seperti yang biasa dilakukan di situs web ChatGPT.

Pada dasarnya, ide tersebut tampaknya menghadirkan fitur obrolan ChatGPT langsung di desktop Windows. Ini berarti pengguna Windows tidak perlu mengunjungi halaman web ChatGPT untuk menggunakanya.

Penting untuk dicatat bahwa masing-masing pengembang belum mengklarifikasi kapan waktu pasti untuk mendapatkan fitur tersebut. Diharapkan ini akan memakan waktu cukup lama sebelum peluncuran resmi.

Bagaimana integrasi PowerToys ChatGPT akan bekerja di Windows?

Saat ini, Microsoft menawarkan integrasi Bing ke dalam bilah tugas Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan pencarian atau mengajukan pertanyaan secara langsung. Namun, itu hanyalah pintasan web yang dialihkan ke halaman obrolan Bing. Integrasi PowerToys diharapkan menawarkan integrasi yang lebih dalam pada sistem operasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement