Rabu 12 Apr 2023 07:57 WIB

WhatsApp Luncurkan Mode Pendamping, Apa Fungsinya?

Fitur WhatsApp itu pertama kali terlihat pada November 2022.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mode pendamping WhatsApp sangat mirip dengan Perangkat Tertaut (Linked Devices) yang tersedia kembali pada tahun 2021.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Mode pendamping WhatsApp sangat mirip dengan Perangkat Tertaut (Linked Devices) yang tersedia kembali pada tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selama beberapa bulan, platform perpesanan WhatsApp telah mengerjakan mode pendamping (companion mode). Fitur tersebut pertama kali terlihat pada November 2022.

Sekarang, Meta akhirnya siap merilis kemampuan untuk semua pengguna WhatsApp Beta di Android. Mode pendamping sangat mirip dengan Perangkat Tertaut (Linked Devices) yang tersedia kembali pada tahun 2021.

Baca Juga

Namun, perbedaan utamanya adalah mode ini memungkinkan Anda menggunakan akun WhatsApp di perangkat seluler lain. Intinya, ini adalah perpanjangan dari Perangkat Tertaut sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses obrolan WhatsApp Anda di perangkat seluler sekunder tanpa menghubungkan ponsel utama Anda ke internet.

Selain itu, mode pendamping dapat menghubungkan hingga empat ponsel cerdas (smartphone). Sedangkan Perangkat Tertaut dibatasi untuk PC, tablet, dan layar pintar tertentu.

Sama halnya Perangkat Tertaut, mode pendamping juga memastikan bahwa semua obrolan Anda disinkronkan setelah Anda memasangkan ke smartphone lain dengan kode QR. Mode pendamping dilaporkan diluncurkan ke semua pengguna WhatsApp Beta di Android.

Dilansir Neowin, Rabu (12/4/2023), sedangkan untuk pengguna iOS, sejauh ini fungsionalitasnya belum tersedia. Namun, berharap ketersediaan untuk berkembang saat pengujian berlanjut. Pengguna yang memenuhi syarat dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Beta versi 2.23.8.2 dari Google Play Store untuk memanfaatkan mode pendamping dalam penggunaan WhatsApp harian mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement