Senin 10 Apr 2023 10:45 WIB

Mirip iOS, WhatsApp Siapkan 'Wajah Baru' untuk Android

WhatsApp akan meluncurkan perubahan besar pada antarmuka Android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp akan meluncurkan perubahan besar pada antarmuka Android-nya. Perubahan tersebut bertujuan untuk membuat bar (bilah) navigasi lebih mudah diakses dengan memindahkannya ke bagian bawah layar./ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp akan meluncurkan perubahan besar pada antarmuka Android-nya. Perubahan tersebut bertujuan untuk membuat bar (bilah) navigasi lebih mudah diakses dengan memindahkannya ke bagian bawah layar./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—WhatsApp akan meluncurkan perubahan besar pada antarmuka Android-nya. Perubahan tersebut bertujuan untuk membuat bar (bilah) navigasi lebih mudah diakses dengan memindahkannya ke bagian bawah layar.

Perubahan ini mirip dengan yang sudah tersedia di iPhone. Dilansir dari Gizchina, Senin (10/4/2023), tab Chats, Communities, Status, dan Calls akan lebih mudah diakses dengan jempol. Sementara ikon untuk kamera, pencarian, dan pengaturan akan tetap berada di kanan atas layar.

Baca Juga

Perubahan tersebut diungkapkan oleh WABetaInfo, sebuah situs khusus yang melacak semua fitur baru yang menarik dalam versi beta.

Lalu bagaimana rupa WhatsApp lebih lanjut di Android yang akan mengadopsi desain bergaya iOS?  Tata letak baru atau layout baru, yang muncul melalui dua tangkapan layar (mode terang dan mode gelap), akan menawarkan pengalaman WhatsApp yang lebih konsisten antara ponsel pintar Android dan iPhone (iOS).

Situs tersebut mengklaim bahwa antarmuka baru ini akan tersedia di pembaruan WhatsApp mendatang. Namun, pengguna harus menunggu dengan sabar sebelum mengetahui lebih banyak tentang tanggal rilis pembaruan.

Penting untuk dicatat bahwa pengguna dapat berpindah dari satu bagian ke bagian lain dari aplikasi dengan menggeser layar menggunakan ibu jari mereka ke kiri atau ke kanan. Fungsi navigasi ini akan tetap di tempatnya, bahkan dengan bar dipindahkan ke bagian bawah layar.

Selain perubahan antarmuka, WhatsApp juga menyiapkan fitur untuk melindungi percakapan paling pribadi pengguna dengan lebih baik. Detail fungsi ini belum diungkapkan, tetapi diharapkan dapat meningkatkan keamanan aplikasi dan memastikan privasi pengguna.

Secara keseluruhan, perubahan antarmuka baru akan membuat WhatsApp lebih ramah pengguna dan konsisten di berbagai platform. Ini adalah perubahan yang disambut baik bagi pengguna Android yang telah menunggu bar navigasi yang lebih mudah diakses. WhatsApp terus meningkatkan fitur dan langkah keamanannya untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement