Rabu 05 Apr 2023 12:52 WIB

Cerita di Balik Lemon8, Aplikasi yang Dibicarakan Semua Orang

Mirip TikTok, Lemon8 adalah aplikasi media sosial berbagi video dan foto.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Raksasa teknologi China ByteDance membuat Lemon8, platform berbagi konten dengan komunitas muda.
Foto: Lemon8
Raksasa teknologi China ByteDance membuat Lemon8, platform berbagi konten dengan komunitas muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Aplikasi baru bernama Lemon8 sedang heboh di media sosial, terutama di TikTok. Lonjakan popularitasnya membuat banyak orang bertanya-tanya apa itu Lemon8 dan mengapa Lemon8 dengan cepat menjadi aplikasi gaya hidup nomor satu di App Store.

Dilansir dari Gizchina, Rabu (5/4/2023), Lemon8 adalah aplikasi media sosial berbagi video dan foto yang sudah ada cukup lama sebenarnya. Tetapi aplikasi ini baru bagi pengguna media sosial Amerika Serikat (AS). Saat ini aplikasi gaya hidup nomor satu di App Store, lompatan besar dari aplikasi yang tidak pernah mencapai Top 200 Overall Charts di AS.

Baca Juga

Lemon8 memenuhi minat pengguna dalam makanan, kecantikan, kesehatan, dan perjalanan, juga membuat konten seputar topik. Kontennya menyenangkan dan dikurasi secara estetis, dengan topik yang sedang tren termasuk mode, kecantikan, makanan, kesehatan, dan perjalanan. Pengguna dapat menemukan rekomendasi, get-ready-with-me style video, dan konten yang dibuat oleh influencer yang bertujuan untuk menginspirasi mereka untuk membeli sesuatu.

Lemon8 dimiliki oleh ByteDance sehingga aplikasi itu adalah perusahaan saudara dari TikTok. ByteDance berharap hubungannya dengan TikTok, aplikasi paling populer di AS, dapat memengaruhi pengguna untuk bermigrasi dari Instagram, aplikasi yang perlahan kehilangan relevansinya di kalangan pengguna Amerika.

Selain itu, aplikasi Lemon8 adalah pesaing langsung dari aplikasi populer di Asia yang disebut Xiaohongshu, atau Buku Merah Kecil (Little Red Book dalam bahasa Inggris). Little Red Book memegang pangsa besar jejaring sosial dan pasar e-commerce China, dan Lemon8 berharap melakukan hal yang sama di Barat.

Lemon8 sudah populer di Jepang dan Thailand, di mana Buku Merah Kecil kurang dominan di ranah aplikasi gaya hidup. Influencer di Lemon8 dapat menautkan akun TikTok dan Instagram mereka untuk memperluas jangkauan media sosial mereka. Kreator TikTok sangat mempromosikan Lemon8 di platform dengan tagar #Lemon8partner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement