Senin 03 Apr 2023 12:42 WIB

Jutaan Pengguna Windows Lama Segera Diblokir, Ada Apa?

Mulai Januari 2024, Microsoft akan memblokir sistem Windows 7 dan 8.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Model Windows lama termasuk Windows 7 dan 8 akan diblokir mulai Januari 2024.
Foto: Softpedia
Model Windows lama termasuk Windows 7 dan 8 akan diblokir mulai Januari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada kabar kurang menyenangkan bagi para pengguna Windows lama, karena pembaruan terkini mungkin membuat mereka tidak punya pilihan selain membeli PC baru untuk terus menikmati layanan Windows.

Model Windows lama termasuk Windows 7 dan 8, masih terus digunakan meskipun Microsoft mengakhiri semua dukungannya untuk sistem operasi tersebut. Namun sekarang, jutaan pengguna di seluruh dunia yang ditenagai software tua itu, telah mendapat peringatan.

Baca Juga

Mereka diimbau untuk segera melakukan pemutakhiran, karena Windows mengumumkan bahwa mereka juga tidak lagi mendukung platform Microsoft. Steam, layanan gim PC yang sangat populer, telah mengonfirmasi bahwa mulai Januari 2024, perusahaan akan memblokir sistem Windows 7 dan 8.

Artinya, penggemar gim yang menggunakan sistem operasi lawas tersebut akan langsung kehilangan akses ke ribuan judul blockbuster seperti FIFA, Counter-Strike, dan Hogwarts Legacy. Artinya, mereka yang ingin terus bermain gim tersebut terpaksa berpisah dengan PC lama mereka, atau memperbarui ke sistem Windows yang lebih baru.

Dilansir dari Express, mulai tahun depan, satu-satunya cara untuk bermain gim tersebut melalui Steam adalah beralih ke Windows 10 atau beralih ke Windows 11, namun keduanya memiliki masalah. Microsoft tidak lagi menjual salinan Windows 10, yang berarti semua orang harus mencari-cari situs lain untuk mendapatkan salinan sistem operasi tersebut.

Jika tidak dapat menemukannya, satu-satunya pilihan adalah membeli Windows 11. Meskipun kedengarannya seperti solusi yang sempurna, OS terbaru ini tidak kompatibel dengan banyak laptop lama dan itu berarti harus pergi ke toko untuk membeli laptop baru.

Jika tidak dapat memperbarui laptop ke OS Windows terbaru, mungkin orang tidak punya pilihan selain menggunakan laptop atau PC baru. Untungnya, pemblokiran tersebut akan berlaku pada 1 Januari 2024, yang berarti masih ada waktu untuk menikmati Steam di Windows 7 dan Windows 8 sebelum melakukan pemutakhiran.

“Mulai 1 Januari 2024, Steam secara resmi akan berhenti mendukung sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Setelah tanggal itu, Steam Client tidak akan lagi berjalan di versi Windows tersebut,” ujar pihak Steam dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement