Senin 20 Mar 2023 17:31 WIB

Trik Pakai WhatsApp Sepanjang Ramadhan

WhatsApp bisa digunakan untuk merencanakan dan mengatur acara silaturahim.

Ada cara menggunakan WhatsApp secara efektif untuk menciptakan kenangan baru bersama orang-orang terkasih selama bulan Ramadhan./ilustrasi
Foto: Unsplash
Ada cara menggunakan WhatsApp secara efektif untuk menciptakan kenangan baru bersama orang-orang terkasih selama bulan Ramadhan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bulan suci Ramadhan adalah momen yang tepat untuk merefleksikan diri dan memaknai kebersamaan, di bulan penuh berkah itu akan banyak waktu dihabiskan bersama keluarga dan sahabat, merencanakan pertemuan sosial, dan menyelenggarakan acara amal.

Kini, WhatsApp bisa digunakan untuk merencanakan dan mengatur seluruh acara tersebut dengan mudah. Mengutip rilis pers, berikut beberapa tips dan ide tentang cara menggunakan WhatsApp secara efektif untuk menciptakan kenangan baru bersama orang-orang terkasih selama bulan Ramadhan.

Baca Juga

Rencanakan buka puasa bersama virtual

Buka puasa bersama kini bisa dilangsungkan secara virtual dengan menggunakan panggilan video grup WhatsApp yang dapat melibatkan 32 peserta. Anda juga dapat memanfaatkan fitur tautan panggilan untuk menjadwalkan kapan acara berlangsung, sehingga semua orang tahu kapan dapat bergabung dan anda tidak perlu menambahkan orang secara satu per satu.

 

Berbagi ide makanan yang menginspirasi

Merencanakan menu makanan untuk sahur dan berbuka puasa selama sebulan penuh terkadang bisa menjadi tugas yang melelahkan. Namun, dengan membuat Grup WhatsApp khusus bagi para koki rumahan dan pencinta kuliner, anda dapat dengan mudah berbagi ide memasak dan mendapatkan inspirasi. Anda juga bisa mengunggah foto-foto makanan ke Status untuk berbagi cerita kuliner selama bulan Ramadhan.

 

Beramal kepada yang membutuhkan

Salah satu kegiatan yang bisa diisi selama bulan Ramadhan adalah beramal dan menyantuni mereka yang kurang mampu. Kini, anda bisa mengatur pengingat untuk menunaikan zakat dengan mengirimkan pesan kepada diri anda sendiri dan sematkan obrolan agar tidak lupa. Anda juga dapat mengajak masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan sosial melalui fitur Komunitas di WhatsApp.

Ekspresikan diri dengan kartu ucapan Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, anda dapat mengirimkan pesan yang tulus untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga dan sahabat. Ekspresikan keunikan kepribadian anda menggunakan avatar atau rekam ucapan menggunakan fitur pesan suara.

 

Kunjungi bazar Ramadhan yang mengasyikkan

Selama bulan Ramadhan, mengunjungi bazar yang dipenuhi dengan aneka makanan adalah suatu keharusan. Dengan begitu banyaknya bazar, fitur Polling di WhatsApp dapat membantu anda dan orang-orang yang anda cintai memutuskan bazar mana yang akan dikunjungi. Jika anda kehilangan satu sama lain di tengah keramaian, aktifkan fitur lokasi terkini agar anda dapat segera berkumpul kembali dengan rombongan.

 

Lindungi diri dari penipu

Para penipu dapat dengan mudah merusak suasana bulan Ramadhan dengan promosi dan penawaran pesta palsu. Jika ditemukan pesan yang mencurigakan, anda dapat dengan mudah melaporkan dan memblokir pesan yang tidak diinginkan di WhatsApp. Meskipun WhatsApp melindungi semua percakapan anda dengan enkripsi end-to-end, mengaktifkan verifikasi dua langkah dapat membuat akun anda lebih terlindungi.

 

Luangkan waktu untuk merefleksikan diri

Selain meningkatkan interaksi sosial dan bertemu dengan teman dan keluarga, bulan Ramadhan juga menjadi ajang untuk merefleksikan diri. Jika membutuhkan waktu tenang, Anda selalu dapat membisukan obrolan grup selama delapan jam, seminggu, atau, jika perlu, sampai anda siap untuk bergabung kembali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement