Senin 20 Mar 2023 17:01 WIB

Jangan Buru-Buru Ganti Kulkas, Cek Dulu Ini

Ada beberapa faktor penting yang bisa jadi acuan dalam pemilihan kulkas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Membeli kulkas baru bisa menjadi salah satu hal yang membingungkan. Ada banyak opsi, fitur, dan promosi dari produsen dalam penawaran mereka/ilustrasi.
Foto: AP/Jack Dempsey/AP Images for LG
Membeli kulkas baru bisa menjadi salah satu hal yang membingungkan. Ada banyak opsi, fitur, dan promosi dari produsen dalam penawaran mereka/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Membeli kulkas baru bisa menjadi salah satu hal yang membingungkan. Ada banyak opsi, fitur, dan promosi dari produsen dalam penawaran mereka.

Tetapi ada setidaknya beberapa faktor penting yang bisa jadi acuan dalam pemilihan lemari pendingin, seperti bentuk, ukuran, kapasitas, konektivitas rumah pintar, dan lainnya. Berikut 11 panduan lengkap yang bisa diperhatikan ketika membeli lemari es baru, dikutip dari laman Gadgets Now, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

1.Lemari es direct cool Vs bebas bunga es

Lemari es direct cool menggunakan konveksi alami untuk mengalirkan udara dingin melalui lemari es. Lemari es ini biasanya lebih murah dan tersedia dalam kapasitas yang lebih kecil. Sebaliknya, teknologi bebas bunga es menggunakan kipas untuk mengalirkan udara dingin.

 

2. Anggaran

Tentukan batas harga kulkas yang hendak dibeli. Selain itu, disarankan untuk sedikit fleksibel karena dapat membantu konsumen mendapatkan fitur-fitur penting.

 

3. Kapasitas

Untuk keluarga kecil yang terdiri atas empat orang, dapat memilih lemari es antara 200-300 liter. Apalagi jika tinggal sendiri, hanya dibutuhkan kapasitas kulkas yang lebih kecil. 

Untuk satu orang: 40-100 liter

Untuk dua orang: 150-250 liter

Untuk lima orang: 250-500 liter

Untuk lebih dari lima orang: Di atas 500 liter

 

4. Efisiensi energi

Carilah lemari es yang bersertifikat Energy Star, karena hanya membutuhkan lebih sedikit energi dan ramah lingkungan. Gunakan lemari es dengan peringkat bintang 5 jika memungkinkan atau setidaknya pilihlah kulkas dengan peringkat bintang 3.

 

5. Model pintu

Anda dapat memilih desain top-freezer, side-by-side, desain pintu prancis, dan sebagainya. Pintu prancis biasanya punya area freezer yang lebih besar.

 

6. Perhatikan pengiriman dan pemasangan

Pastikan tempat Anda membeli menawarkan layanan pengiriman dan pemasangan. Perhitungkan biaya layanan ini saat melakukan pembelian.

 

7. Periksa detail garansi pada kompresor

Garansi standar untuk lemari es adalah satu tahun. Namun, beberapa merek juga menawarkan garansi tambahan 10 tahun untuk kompresor.

 

8. Fitur

Lemari es modern hadir dengan berbagai fitur, seperti dispenser es dan air, teknologi pintar, rak yang dapat disesuaikan, dan pengatur suhu. Jika ada anggaran lebih, bisa saja memperhatikan fitur-fitur canggih sesuai kebutuhan.

 

9. Kulkas convertible

Kulkas yang convertible memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kompartemen freezer. Ini dapat berlaku untuk semua jenis lemari es, termasuk side-by-side, two-door, three-door, french door, dan lainnya.

 

10. Koneksi internet

Beberapa lemari es dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas dan menawarkan konektivitas Wi-Fi. Hal ini bisa bermanfaat bagi pengguna untuk melihat laporan kesehatan lengkap dari lemari es, memeriksa isi lemari es, juga menyesuaikan suhu bila diperlukan.

 

11. Desain

Lemari es tersedia dalam berbagai warna dan desain. Pilih salah satu yang sesuai dengan desain interior rumah Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement