Sabtu 18 Mar 2023 12:30 WIB

Perusahaan Cina Luncurkan ERNIE Bot, Bisakah Saingi ChatGPT milik OpenAI?

Baidu pun tak mau ketinggalan menggarap chatbot AI sendiri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tak mau ketinggalan dengan ChatGPT, perusahaan teknologi multinasional Tiongkok Baidu juga sedang mengerjakan versi chatbot AI percakapannya sendiri yaitu ERNIE Bot./ilustrasi
Foto: Qontak
Tak mau ketinggalan dengan ChatGPT, perusahaan teknologi multinasional Tiongkok Baidu juga sedang mengerjakan versi chatbot AI percakapannya sendiri yaitu ERNIE Bot./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dunia tidak lagi sama setelah peluncuran chatbot bertenaga AI dari OpenAI, ChatGPT. Chatbot revolusioner ini membawa perubahan besar di berbagai domain di dunia teknologi.

Meskipun menawarkan berbagai solusi untuk berbagai tantangan sehari-hari, perusahaan di seluruh dunia menyadari bahwa ada lebih banyak large language models (LLM) yang mendorong AI generatif. Inovasi OpenAI membuat banyak perusahaan berebut untuk mengadopsi AI generatif ke dalam produk dan layanan mereka, yang semakin mengintensifkan kontestasi AI.

Baca Juga

Chatbot yang didukung AI menjawab pertanyaan, menulis esai yang komprehensif, membuat kode, dan meringkas informasi. Dan, ini sudah cukup bagi perusahaan untuk membuat chatbot AI mereka sendiri yang dapat menawarkan solusi unik untuk basis pengguna mereka yang luas. Bahkan ketika Google, Microsoft, dan Meta mengeksplorasi berbagai aspek AI generatif, perusahaan teknologi multinasional Tiongkok Baidu juga sedang mengerjakan versi chatbot AI percakapannya sendiri yaitu ERNIE Bot.

Apa itu ERNIE BOT? Baidu mengklaim, ERNIE Bot didasarkan pada LLM generasi baru dan pada dasarnya merupakan produk AI generatif. ERNIE dibangun oleh model internal Baidu –Enhanced Representation melalui Knowledge Integration (ERNIE) dan Pre-trained Dialogue Generation Model (PLATO). ERNIE pertama kali dirilis pada tahun 2019, dan sejak saat itu, ERNIE telah berevolusi dari natural language model menjadi platform multi-modal dengan kemampuan lintas industri dan lintas tugas.

Bot ini mahir dalam kasus-kasus penggunaan seperti menciptakan karya sastra, perhitungan matematis, pencatatan bisnis, memahami bahasa Mandarin, dan generasi multi-modal. Baidu mengklaim bahwa bot ini dapat memahami maksud manusia dan memberikan respons logis yang mirip dengan manusia dan fasih.

Raksasa pencarian ini telah memposisikan ERNIE Bot sebagai platform AI yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi transformasi di berbagai segmen industri seperti keuangan, urusan publik, media, energi, dan lain-lain. Menurut Chief Executive Baidu, Robin Li, multi-modalitas tidak dapat dipungkiri merupakan tren masa depan untuk AI generatif.

“Di masa depan, seiring dengan kami terus menyempurnakan model raksasa multi-modal terpadu Baidu, kemampuan generasi multi-modal ERNIE Bot akan semakin berkembang. Terlepas dari kasus penggunaannya, untuk bot seperti ERNIE, peningkatan berkelanjutan berdasarkan umpan balik dari dunia nyata sangatlah penting," ujar Li seperti dilansir dari Indian Express, Sabtu (17/3/2023).

Baidu adalah salah satu dari sedikit perusahaan AI yang menawarkan AI yang lengkap. Ini memungkinkan ERNIE bisa dimanfaatkan dalam banyak pekerjaan di masa depan, termasuk mengemudi tanpa awak, cloud AI, dan katalog perangkat pintar Baidu yang diintegrasikan dengan bot.

Lantas apa bedanya ERNIE dan ChatGPT? ChatGPT bersifat publik dan gratis untuk digunakan. Sebaliknya, apa pun yang ada di domain publik tentang ERNIE adalah video singkat yang disajikan oleh Baidu, yang menunjukkan bot melakukan beberapa perhitungan matematika, menghasilkan gambar dan video dari petunjuk teks, dan berbicara dalam berbagai dialek bahasa Mandarin.

Pada acara peluncurannya, Robin Li mendemonstrasikan bahwa bot tersebut dapat menjawab pertanyaan berdasarkan novel fiksi ilmiah Tiongkok yang populer dan bahkan meringkasnya. Kabarnya, bot ini berkinerja lebih baik dalam bahasa Mandarin daripada bahasa Inggris.

Meskipun OpenAI mendemonstrasikan semua fitur ChatGPT secara langsung, Baidu memilih untuk memuat kemampuan ERNIE dalam beberapa slide. Bot ini dilaporkan tidak memiliki serangkaian fungsi yang luas yang hadir dengan GPT-4 yang baru-baru ini diluncurkan, yang juga mampu menghasilkan teks sebagai respons terhadap gambar sebagai prompt.

Mempertimbangkan kurangnya informasi tentang fitur-fiturnya, tampaknya ada banyak ketidakpastian seputar potensi ERNIE, dan semua kekhawatiran tampaknya diperkuat oleh kurangnya demo langsung.

ChatGPT, yang diluncurkan pada November 2022, dibangun di atas GPT-3 OpenAI hingga peluncuran GPT-4 awal pekan ini. Dibandingkan dengan GPT-3, OpenAI mengklaim GPT-4 lebih besar, lebih cepat, dan lebih akurat. Dengan GPT-4, ChatGPT dapat dengan mudah menganalisis kueri yang berhubungan dengan gambar. Sejauh menyangkut ERNIE Bot milik Baidu, kemampuan dan respons kontekstualnya hanya dapat diukur setelah diluncurkan ke ranah publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement