Jumat 17 Mar 2023 13:17 WIB

Ini Dia Kebiasaan yang Dapat Merusak Baterai Ponsel

Hindari memakai ponsel sambil mengisi daya karena akan merusak baterai.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat Anda bermain dan mengisi daya ponsel pada saat yang bersamaan, perangkat mudah sekali memanas. Selain itu, kondisi tersebut juga akan memperlambat kecepatan pengisian daya ponsel. /ilustrasi.
Foto: Huffingtonpost
Saat Anda bermain dan mengisi daya ponsel pada saat yang bersamaan, perangkat mudah sekali memanas. Selain itu, kondisi tersebut juga akan memperlambat kecepatan pengisian daya ponsel. /ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ponsel memiliki bagian paling penting yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan penggunanya. Beberapa orang mungkin menganggap baterai ponsel bagian terpenting. Baterai bisa membuat frustrasi, ketika daya benar-benar habis hanya dalam beberapa jam.

Ada beberapa kebiasaan yang merusak baterai ponsel, salah satunya adalah battery killer. Namun, frasa, "Jangan bermain dengan ponsel Anda saat mengisi daya" muncul di daftar pencarian populer di Cina, Weibo.

Baca Juga

Dilansir GIZChina pada Jumat (17/3/2023), sebuah tinjauan oleh blogger teknologi Cina, Huangjia mengungkapkan bahwa bermain-main dengan ponsel sambil mengisi daya sangat meningkatkan potensi risiko dan kerusakan baterai. Ini sebenarnya pengetahuan umum, tapi sayangnya banyak orang yang tidak mengindahkannya.

Sebagai permulaan, saat Anda bermain dan mengisi daya ponsel pada saat yang bersamaan, perangkat mudah sekali memanas. Selain itu, kondisi tersebut juga akan memperlambat kecepatan pengisian daya ponsel. Hasilnya adalah perangkat akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya yang menghabiskan baterai.

Banyak merek ternama telah memperingatkan bahwa meskipun baterai dan pengisi daya ponsel modern relatif aman, menggunakan ponsel secara berlebihan saat mengisi daya akan mempersingkat masa pakai baterai. Suhu ponsel juga akan meningkat saat sedang diisi. Penggunaan telepon seluler secara terus-menerus dalam jangka panjang akan mengakibatkan pemanasan perangkat yang berlebihan, pengalaman pengguna yang menurun, dan potensi kerusakan pada komponen elektronik perangkat.

Karena itu, disarankan untuk menjauhkan ponsel saat sedang mengisi daya agar dapat melakukannya dengan tenang. Jika Anda harus menggunakan ponsel, Anda dapat membatasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menggunakannya dan mencegah penggunaan yang berlebihan.

Untuk memastikan keamanan pengisian daya ponsel, Anda juga harus memilih pengisi daya dari merek terkenal dan menahan diri untuk tidak menggunakan pengisi daya murah. Perlu dicatat bahwa tidak aman melakukan panggilan saat telepon sedang diisi. Ini adalah pengetahuan umum lain yang tidak dipatuhi orang.

Saat mengisi daya, voltase ponsel lebih tinggi daripada saat dalam keadaan siaga. Selain itu, tugas lain sedang berjalan yang dapat mengakibatkan suhu tinggi pada perangkat. Hasil dari kondisi ini bisa menjadi ledakan ponsel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement