Sabtu 18 Feb 2023 17:46 WIB

Agar Baterai Ponsel Lebih Awet, Setop 3 Kebiasaan Buruk Ini

Dengan mengubah kebiasaan, Anda bisa meningkatkan kecepatan pengisian baterai ponsel,

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perawatan baterai yang tepat sangat penting untuk memastikan ponsel Anda bertahan selama mungkin/ilustrasi.
Foto: Republika.co.id
Perawatan baterai yang tepat sangat penting untuk memastikan ponsel Anda bertahan selama mungkin/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perawatan baterai yang tepat sangat penting untuk memastikan ponsel Anda bertahan selama mungkin. Oleh karena itu, ada tiga kebiasaan yang perlu Anda berhenti lakukan jika ingin baterai ponsel Anda awet.

Dengan mengubah kebiasaan ini, Anda dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya, memperpanjang masa pakai baterai, dan melindungi ponsel dari potensi kerusakan. Baterai adalah salah satu komponen terpenting ponsel dan harus diperlakukan dengan hati-hati. Berikut tiga kebiasaan yang perlu Anda setop, seperti dikutip Giz China, Sabtu (18/2/2023):

Baca Juga

1.Mengisi daya ponsel dengan casing terpasang

Salah satu kebiasaan paling umum di antara pengguna ponsel adalah mengisi daya ponsel mereka dengan casing yang masih terpasang. Kebiasaan ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan dua masalah utama, yaitu baterai terlalu panas dan kerusakan konektor. Konektor pengisian daya dapat rusak karena casing yang dirancang dengan buruk. Selain itu, dalam beberapa kasus, mungkin terlalu panas saat mengisi daya. Ini dapat memperlambat kecepatan pengisian dan mengurangi umur baterai.

 

2.Menggunakan fast charger setiap hari

Jika ponsel cerdas Anda dilengkapi dengan pengisi daya 40W atau lebih cepat, penting untuk tidak menggunakannya setiap hari. Kebiasaan ini dapat menurunkan daya baterai secara signifikan hanya dalam tahun pertama penggunaan.

Untuk menghindarinya, Anda dapat memiliki pengisi daya sekunder yang lebih lambat yang Anda gunakan untuk mengisi ulang semalaman. Kemudian Anda dapat menggunakan pengisi daya cepat hanya saat Anda memerlukan pengisian daya cepat. Menggunakan pengisi daya yang sangat cepat setiap hari dapat membebani baterai Anda dan menyebabkannya menurun lebih cepat.

 

3.Menguras baterai di bawah lima persen

Kebiasaan lain yang dapat merugikan baterai ponsel Anda adalah menguras baterai hingga di bawah lima persen sebelum diisi. Kebiasaan ini adalah yang terburuk karena memberi banyak tekanan pada baterai.

Jika Anda mengulangi kebiasaan ini setiap hari, degradasi baterai Anda akan jauh lebih tinggi dari biasanya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya isi daya ponsel Anda saat baterai berada pada 15-20 persen dan tidak lebih rendah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement