Rabu 08 Mar 2023 16:05 WIB

Google Berencana Mudahkan Pengguna Hapus Data Isi Otomatis di Chrome

Google berencana membuat beberapa perubahan pada fitur hapus IsiOtomatis.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Chrome berencana membuat beberapa perubahan pada fitur hapus IsiOtomatis yang akan memudahkan pengguna untuk menghapus data IsiOtomatis.
Foto: twitter
Google Chrome berencana membuat beberapa perubahan pada fitur hapus IsiOtomatis yang akan memudahkan pengguna untuk menghapus data IsiOtomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Fitur Isi Otomatis (AutoFill) Google Chrome merupakan fitur praktis bagi pengguna, yang secara otomatis mengisi detail seperti alamat, detail kartu, bahkan kata sandi di bidang masing-masing. Namun, kadang-kadang mengganggu ketika tidak memasukkan data yang diperbarui, atau ketika data sama sekali tidak diperlukan.

Laman berita terkini semua hal tentang Google dan Android, 9to5Google telah melaporkan bahwa Google berencana membuat beberapa perubahan pada fitur hapus IsiOtomatis yang akan memudahkan pengguna untuk menghapus data IsiOtomatis. Opsi hapus isi otomatis baru aktif di Chrome Canary menurut laporan tersebut, Google telah mulai menguji fitur tersebut di Chrome terbaru.

Baca Juga

Dilansir Times of India pada Rabu (8/3/2023), fitur baru hapus mudah untuk data isi otomatis tersedia, tapi saat ini dinonaktifkan secara default. Pengguna dapat mengaktifkannya dengan masuk ke menu Flag dan mengaktifkan “Tampilkan tombol hapus untuk entri pelengkapan otomatis.”

Opsi menu dinamai dengan tepat karena melakukan persis seperti yang dibacanya. Artinya, setelah fitur diaktifkan, dia menambahkan tombol hapus di samping semua entri isi otomatis saat muncul di layar.

Beginilah cara Google menjelaskan tombol hapus baru. “Saat diaktifkan, entri Pelengkapan Otomatis dalam mengisi akan munculan tombol hapus.”

Penting juga untuk dicatat bahwa tombol hapus baru saat ini sedang dalam pengembangan untuk platform desktop, termasuk Windows, macOS, Linux, dan ChromeOS.

Bagaimana cara mendapatkan opsi hapus baru ini untuk mengisi otomatis data di Chrome? Seperti yang disebutkan, fitur tersebut saat ini diluncurkan di Canary. Ini berarti bahwa pengguna harus mengunduh dan memasang Chrome Canary di PC mereka. Untuk mengunduh, buka situs web Google Chrome dan buka bagian Unduhan. Gulir ke bawah dan unduh Canary.

Setelah diunduh, instal di sistem. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Buka menu Flag lalu cari tombol Tampilkan hapus untuk entri pelengkapan otomatis. Pilih opsi aktifkan dari menu dan mulai ulang browser. Selanjutnya, Anda akan mulai melihat ikon hapus baru pada setiap data isi otomatis. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement