Rabu 08 Mar 2023 16:35 WIB

Fitur VSR Microsoft Edge Buat Video Kualitas Rendah Lebih Jernih, Simak Panduannya

Microsoft menyebutkan sebagian besar video diputar di internet dalam resolusi 480p.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft akhirnya meluncurkannya di build Edge Canary. VSR yang ditenagai kecerdasan buatan (AI) ini berfungsi meningkatkan video berkualitas rendah./ilustrasi
Microsoft akhirnya meluncurkannya di build Edge Canary. VSR yang ditenagai kecerdasan buatan (AI) ini berfungsi meningkatkan video berkualitas rendah./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Setelah mengumumkan Video Super Resolution (VSR) di ajang pameran inovasi elektronik paling populer, Consumer Electronics Show (CES) 2023, Microsoft akhirnya meluncurkannya di build Edge Canary. VSR yang ditenagai kecerdasan buatan (AI) ini berfungsi meningkatkan video berkualitas rendah.

Pengguna bisa mendapat pengalaman menonton video yang lebih baik di browser Edge. Fitur tersebut, seperti yang didefinisikan oleh Microsoft, adalah fitur peningkatan video eksperimental bertenaga AI untuk Edge yang meningkatkan resolusi video.

Baca Juga

VSR sekarang tersedia di build Edge Canary melalui menu Edge Flag. Ketika diaktifkan, inilah semua yang perlu diketahui tentang fitur tersebut, termasuk panduan untuk memanfaatkanya, seperti dikutip dari laman gadgetsnow, Rabu (8/3/2023).

Apa fitur VSR baru di Edge dan cara kerjanya ?

Menurut posting blog resmi, VSR adalah fitur peningkatan video eksperimental yang didukung oleh teknologi AI dari Microsoft.

Teknologi tersebut menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kualitas video yang diputar di browser. Perusahaan telah menyebutkan bahwa fitur tersebut melakukannya dengan artifak kompresi kotak-kotak dan peningkatan resolusi untuk video yang lebih jernih dan tajam.

Sederhananya, setelah diaktifkan, fitur tersebut mendeteksi video dengan resolusi lebih rendah dan menggunakan AI serta pembelajaran mesin untuk meningkatkan kualitas keseluruhan. Hal itu sekaligus meningkatkan resolusi keseluruhan untuk menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik.

 

Apa yang diperlukan agar fitur berfungsi?

Dibutuhkan kekuatan dan sumber daya tambahan agar fitur berfungsi. Untuk memastikan itu, Microsoft telah menetapkan panduan tertentu. Berikut persyaratan untuk alat VSR Edge:

-Perangkat harus memiliki salah satu GPU berikut: seri Nvidia RTX 20/30/40 ATAU GPU seri AMD RX5700-RX7800.

-Video diputar dengan resolusi kurang dari 720p.

-Perangkat terhubung ke daya AC.

-Tinggi dan lebar video lebih besar dari 192 piksel.

-Video tidak dilindungi dengan teknologi Manajemen Hak Digital seperti PlayReady atau Widevine. Bingkai dari video yang dilindungi ini tidak dapat diakses oleh browser untuk diproses.

Microsoft telah menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan dukungan GPU hybrid untuk laptop. Sementara itu, pengguna dapat membuat Edge untuk berjalan pada grafik diskrit dan menggunakan alat VSR.

Cara mengaktifkan VSR di Edge

VSR hanya tersedia di build Edge Canary. Jadi, untuk menggunakannya, unduh Canary build terbaru untuk Edge, lalu buka edge://flags/#edge-video-super-resolution. Pilih opsi Aktifkan dari menu drop-down dan kemudian restart browser.

Sekarang putar video dan browser akan secara otomatis meningkatkan dan meningkatkan kualitas video, asalkan memenuhi persyaratan.

Mengapa penting bagi pengguna?

Pentingnya bagi pengguna, terletak pada detail. Microsoft menyebutkan bahwa sebagian besar video diputar di internet dalam resolusi 480p. Dengan hal-hal yang beresolusi tinggi, sulit untuk menonton video dalam resolusi yang lebih rendah. Di situlah fitur VSR masuk. Alat ini akan secara otomatis meningkatkan kualitas video. Pengguna dapat memanfaatkan ini jika mereka menonton video lama atau video yang diunggah dalam resolusi rendah oleh saluran.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement