Ahad 05 Mar 2023 13:07 WIB

Google Drive Perkenalkan Fitur Mengedit File PDF

Pengguna bisa membuat anotasi dan menggambar pada file PDF di perangkat Android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Google Drive telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat anotasi dan menggambar pada file PDF di perangkat Android.
Foto: CNN
Google Drive telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat anotasi dan menggambar pada file PDF di perangkat Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Google Drive telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat anotasi dan menggambar pada file PDF di perangkat Android mereka. Alat anotasi baru dirancang memberi cara yang mudah dan cepat kepada pengguna untuk melakukan pengeditan saat dalam perjalanan. Misalnya, seperti bepergian untuk rapat atau dalam perjalanan.

Dilansir dari Gizchina, Ahad (5/3/2023), tombol aksi mengambang berbentuk pena baru akan terlihat di sudut kanan bawah layar saat membuka file PDF di Google Drive untuk Android setelah pembaruan. Saat diketuk, tombol itu akan membuka toolbar baru pilihan untuk menggambar dan membuat anotasi.

Baca Juga

Alat pena tersedia dalam warna merah, hitam, biru, dan hijau dengan beberapa ketebalan yang dapat disesuaikan dengan menyeret penggeser dengan jari atau pena stylus. Ada juga highlighter yang tersedia dalam warna kuning, hijau, biru, atau ungu.

Kemudian, fitur ini memiliki penghapus yang dapat menghapus apa pun yang mungkin telah Anda buat, di samping kemampuan undo dan redo. Terakhir, ada opsi untuk menyembunyikan semua hasil edit sepenuhnya.

Pengguna dapat langsung menyimpan anotasi mereka ke file jika itu adalah PDF atau buat salinan file PDF baru dengan anotasi yang disimpan di dalamnya. Jika mereka lebih suka tampilan yang lebih bersih, toolbar juga dapat disesuaikan dengan sisi layar dengan mengetuk dan menahan.

Fungsi baru diluncurkan sekarang. Pengguna dapat menggunakannya dengan cara mengunduh versi terbaru Google Drive. Namun, pengguna harus menginstal Android 6.0 Marshmallow atau lebih tinggi di perangkat mereka untuk menggunakan fitur ini.

Pembaruan tersebut adalah salah satu dari beberapa peningkatan terbaru Google Drive. Ini karena perusahaan berusaha untuk memastikan layanannya tetap bermanfaat dan intuitif bagi pengguna di mana saja.

Di sisi lain, Google baru-baru ini menambahkan toolbar baru untuk multi-selecting files. Perusahaan berharap akan membuat segalanya lebih mudah untuk dicapai.

Mereka juga memperkenalkan “search chips”, yang akan menemukan file segera dengan memfilter kriteria seperti jenis file. Contohnya, kapan dokumen terakhir diubah, dan dengan siapa dokumen itu dibagikan. Dengan pembaruan ini, Google mempermudah pengguna untuk bekerja saat bepergian dan tetap teratur, baik dalam perjalanan ke kantor atau mempersiapkan rapat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement