Selasa 28 Feb 2023 16:35 WIB

5 Sosok Inspiratif, Dari Blogger Hingga Youtuber

Sebagian besar blogger kini mulai beralih ke dunia vlogger hingga youtuber.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jenahara Nasution memulai kariernya lewat blog yang menjadi tempat dia menumpahkan ide-ide mengenai fashion hijab.
Foto: Dwina Agustin/Republika
Jenahara Nasution memulai kariernya lewat blog yang menjadi tempat dia menumpahkan ide-ide mengenai fashion hijab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dunia blogger sempat booming pada awal 2010, dan saat itu bermunculan para penggiat dari berbagai bidang membuat blog. Mereka menumpahkan ide maupun pandangan tentang suatu tren, baik itu di dunia wisata, kecantikan, kuliner, kesehatan, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, mereka ikut mengubah media mereka dalam hal memberikan pengaruh kepada pengikut setianya. Sebagian besar blogger yang besar pada masanya, kini mulai beralih ke dunia vlogger hingga menjadi youtuber. Berikut adalah lima di antaranya.

Baca Juga

1. Raditya Dika (radityadika.com)

Pria kelahiran 28 Desember 1984 ini mulai aktif mengisi laman blognya sejak duduk di bangku kelas 2 SMA. Ini merupakan perpanjangan dari hobinya menulis buku diary sejak SD, dan berpindah media ke dunia digital.

Dari hobi menulisnya itu, Raditya Dika telah berhasil menelurkan buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh pada 2005, bahkan buku ini menjadi best seller. Kemudian ia menerbitkan buku-buku lainnya, bahkan membuat film.

Tak hanya sampai di situ, Raditya Dika juga mulai aktif menjadi seorang komika pada 2010. Web series-nya “Malam Minggu Miko” juga banyak ditonton di Youtube, dan hingga kini ia konsisten menjadi seorang youtuber.

 

2. Jenahara Nasution (jenahara.com)

Sosok Jenahara Nasution atau dikenal dengan Jehan, sudah memulai kariernya lewat blog. Ia menumpahkan ide-ide mengenai fashion hijab yang sekitar tahun 2010 baru menuju booming. Ia juga mendirikan sebuah komunitas yakni Hijabers Community Indonesia.

Jehan membangun jenama hijabnya dari bawah, bahkan sejak dirinya hamil tujuh bulan dan berkeliling mencari bahan untuk koleksinya. Kini jenamanya sudah dikenal dan menjadi favorit para hijabers. Ia pun masih aktif di Instagram memberikan tips kebugaran dan fashion.

 

3. Trinity (naked-traveler.com)

Bisa dibilang, tren travelling anak muda mulai viral sejak kehadiran The Naked Traveler. Travel blog yang didirikan Trinity pada 2005 ini, telah lama jadi panutan traveler dan adventurer di Indonesia. Lalu mulai 2007, Trinity aktif menerbitkan buku jalan-jalan dan kini ia juga memiliki channel Youtube.

Ada total 15 buku yang berhasil ia terbitkan, delapan di antaranya merupakan seri The Naked Traveler. Sedangkan sisanya, merupakan kisah-kisah sampingan yang masih berhubungan dengan kegiatan jalan-jalan, seperti cara-cara travelling gratis, cerita horor seputar jalan-jalan, sampai dengan kisah khusus berpetualang ke luar negeri selama satu tahun.

Jauh sebelum berkarir lewat blog, Trinity bekerja sebagai alih bahasa, copywriter, editor di sebuah majalah travel berbahasa Inggris, penyiar radio, kontributor di Yahoo! Travel, dan kolumnis di majalah JalanJalan. Pengalaman itulah yang membentuk ciri khas Trinity dalam bercerita, setiap tulisannya begitu mudah dan ringan dibaca.

 

4. Alexander Thian (amrazing.com)

Dikenal dengan nickname akun Amrazing, Alexander merupakan penulis yang menuangkan berbagai pikirannya lewat blog. Hobi menulis di blog itu membawanya untuk menerbitkan buku, salah satunya adalah Somewhere Only We Know yang juga dibaca oleh Presiden Joko Widodo.

Ia aktif menuliskan pengalaman travelling, lifestyle, zodiak, hingga cara menjadi penulis yang konsisten. Alexander yang sudah dikenal sejak 2010 ini, juga ikut mengikuti perkembangan zaman dengan membuat channel Youtube yang isinya membahas hal serupa dengan blognya.

 

5. Indah Julianti Sibarani (indahjulianti.com)

Indah merupakan salah satu pentolan komunitas blogger perempuan di Indonesia, dan pertama kali menulis adalah untuk Geocities pada 2003. Saat itu, ia masih bekerja sebagai Creative Content di salah satu televisi swasta Indonesia, lalu memilih mengundurkan diri karena ingin istirahat dari bekerja kantoran.

Setelah itu, dia mulai fokus menulis di blog dan buku. Bahkan pada 2020, Indah sudah memiliki beberapa pekerjaan bersama sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan blognya. Dalam blognya, dia juga banyak membahas mengenai parenting dan tips untuk para ibu atau perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement