Selasa 21 Feb 2023 12:13 WIB

Begini Cara Menjaga Keamanan Akun Twitter tanpa Opsi Autentikasi Dua Faktor

Aplikasi autentikasi dan kunci keamanan merupakan dua opsi alternatif yang tersedia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Twitter akan segera menghapus opsi autentikasi dua faktor pesan teks untuk semua kecuali mereka yang berlangganan Twitter Blue.
Foto: EPA/Andrew Gombert
Twitter akan segera menghapus opsi autentikasi dua faktor pesan teks untuk semua kecuali mereka yang berlangganan Twitter Blue.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Twitter akan segera menghapus opsi autentikasi dua faktor pesan teks untuk semua kecuali mereka yang berlangganan Twitter Blue. Tapi jangan takut, ada cara lain untuk mengamankan akun Anda.

Aplikasi autentikasi dan kunci keamanan merupakan dua opsi alternatif yang tersedia untuk Anda. Keduanya menawarkan keamanan yang lebih baik daripada autentikasi dua faktor berbasis SMS.

Baca Juga

Opsi-opsi keamanan ini sedikit tersembunyi di antarmuka pengguna, tetapi dapat diakses dengan masuk ke Settings and Support lalu Setting and privacy, diikuti oleh Security and account access, lalu Security, dan terakhir Otentikasi dua faktor. Yang perlu dicatat adalah petunjuk ini sama baik Anda menggunakan browser web, atau aplikasi untuk iOS, Android, Windows atau Mac.

Dilansir dari ZDNET, Selasa (21/2/2023), berikut ini merupakan cara menyiapkan masing-masing opsi ini.

Cara mengamankan akun Twitter Anda menggunakan aplikasi autentikasi:

1.     Mendapatkan sendiri aplikasi Autentikasi.

Anda perlu aplikasi autentikasi terlebih dahulu. Ada banyak, contohnya Google Authenticator yang ada di mana-mana dan aplikasi autentikator Microsoft.

Pengguna Android bisa menggunakan Aegis. Anda juga aplikasi lintas platform yang disebut Authy, dan kemudian ada yang dibangun ke dalam pengelola kata sandi seperti Bitwarden. Semua aplikasi yang tercantum di atas gratis.

 

2.     Tautkan akun Twitter Anda ke aplikasi Autentikator Anda.

Mulai prosesnya dan Anda akan diminta untuk memindai dalam kode QR. Jika Anda tidak dapat memindai kode, Anda dapat memasukkan kode teks ke dalam aplikasi Autentikator yang fungsinya sama dengan kode QR.

 

3.     Konfirmasi semuanya bekerja.

Untuk memastikan bahwa Anda telah menambahkan akun Twitter dengan benar ke dalam aplikasi Autentikator, Twitter akan meminta Anda untuk memasukkan kode konfirmasi yang dikeluarkan oleh aplikasi autentikator Anda.

 

4.     Selesai!

Jika kode konfirmasi benar, Anda selesai (jika tidak, coba kode baru, dan jika tidak berhasil, kembali ke awal dan ulangi proses).

Sekarang saat Anda masuk, terkadang Anda akan dimintai kode dari aplikasi autentikator Anda.

 

Berikutnya adalah cara mengamankan akun Twitter Anda menggunakan kunci keamanan.

1.     Dapatkan kunci keamanan.

Kunci keamanan perangkat keras adalah alat luar biasa untuk membantu menghentikan peretas di jalurnya karena menawarkan lapisan pertahanan tambahan. Bahkan jika seorang peretas memiliki nama pengguna dan kata sandi Anda, kunci keamanan akan menjaga keamanan akun Anda.

 

2.     Tautkan kunci keamanan Anda ke akun Twitter Anda.

Mulai prosesnya dan Anda akan diminta untuk menambahkan kunci keamanan ke akun Anda. Klik Add key.  Selanjutnya pilih kuncinya. Kemudian, Instruksi sekarang akan muncul untuk memandu Anda melalui proses tersebut. Ketika kunci berhasil dibaca, Anda akan ditanya apakah ingin menambahkannya.

 

 3.     Beri nama kunci keamanan Anda.

Akhirnya Anda dapat memberi nama kuncinya. Jika Anda memiliki lebih dari satu, berikan nama yang masuk akal bagi Anda sehingga Anda tahu mana yang akan digunakan.

 

4. Selesai.

Sisi lain, saat Anda menyiapkan Autentikasi dua faktor apa pun di akun Twitter, Anda akan diberikan opsi menyiapkan kode cadangan. Ini adalah kode sekali pakai yang dapat Anda gunakan jika Anda tidak memiliki akses ke aplikasi otentikasi atau kunci keamanan.

Jika Anda ingin mengatur ini, klik Get Backup Code. Simpan kode ini dengan aman—mungkin di aplikasi kata sandi Anda atau dicetak dan disimpan di dompet Anda jika membutuhkannya. Anda dapat membuat kode cadangan lebih lanjut jika diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement