Jumat 17 Feb 2023 09:10 WIB

Instagram Rilis Broadcast Channels, Kreator Bisa Kontak Langsung dengan Penggemar

Fitur baru Instagram itu mirip dengan fitur Channels di Telegram.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meta mengumumkan fitur saluran siaran (broadcast channels) Instagram/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Meta mengumumkan fitur saluran siaran (broadcast channels) Instagram/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meta sedang berjuang meluncurkan fitur baru di layanan Instagram-nya yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Meta mengumumkan fitur saluran siaran (broadcast channels) Instagram.

Fitur tersebut memungkinkan pembuat konten memiliki lebih banyak kontak langsung dengan pengikut mereka melalui acara dan pemberitahuan khusus. Fitur itu memang mirip dengan fitur Channels yang sudah lama ada di Telegram.

Baca Juga

Dilansir Neowin, Jumat (17/2/2023), CEO Meta Mark Zuckerberg adalah pengguna publik resmi pertama saluran siaran Instagram. Dalam sebuah postingan di halaman Facebook-nya, Zuckerberg mengatakan saluran siarannya akan menjadi tempat pertama dia berbagi berita tentang produk Meta yang akan datang.

Saat ini, layanan baru hanya untuk aplikasi Instagram seluler dan pengguna harus mengikuti orang yang memiliki saluran tersebut. Pembuat Instagram dapat meluncurkan saluran mereka dan mengirimkan teks, catatan suara, jajak pendapat, dan video yang dapat berinteraksi dengan pengikut mereka.

Selain itu, pengikut juga bisa mendapatkan notifikasi pembaruan dari saluran. Kreator dengan langganan Instagram dapat membuat acara di saluran siarannya yang hanya tersedia untuk pelanggannya.

Saat ini, fitur baru hanya tersedia untuk grup penyedia konten Instagram tertentu. Namun, Meta akan menambahkannya lebih banyak lagi dalam beberapa bulan mendatang. Meta juga akan memperluas fitur ke produk lain, seperti Facebook dan Messenger. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement