Selasa 14 Feb 2023 11:40 WIB

Ingin Beli Blender? Simak 7 Panduan Ini

Blender dapur dapat membuat persiapan makanan menjadi lebih efisien.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Blender dapur dapat membuat persiapan makanan menjadi lebih efisien, sehingga menghemat waktu di dapur/ilustrasi.
Foto: istimewa
Blender dapur dapat membuat persiapan makanan menjadi lebih efisien, sehingga menghemat waktu di dapur/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian orang menganggap blender sangat penting untuk mendukung kehidupan sehari-hari, khususnya di dapur. Blender dapur dapat membuat persiapan makanan menjadi lebih efisien, sehingga menghemat waktu di dapur. Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan beberapa pertimbangan guna memastikan pembelian blender dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai. Berikut tips memilih blender, seperti dikutip dari thespruceeats, Selasa (14/2/2023).

1. Jenis Blender

Baca Juga

Ada cukup banyak blender yang tersedia untuk dibeli, beberapa dengan fungsi dasar sementara yang lain dapat mengolah makanan keras atau memasak sup. Blender tabung adalah yang paling populer dengan fitur, kapasitas, dan harga yang bervariasi tergantung daya, fungsi, dan desain bilah.

Blender multifungsi lebih serbaguna tetapi mahal. Blender tangan atau pencelupan biasanya memiliki fitur puree, mixing, dan blending dasar, kecuali dilengkapi dengan attachment chopper atau desain pisau khusus. Sementara sebagian besar blender tangan adalah elektrik, model tanpa kabel menambah tingkat kenyamanan alat dapur ini.

 

2. Fungsi Blender

Jika menginginkan blender terutama untuk membuat smoothie dan minuman beku, pilih blender dengan daya minimal 500 watt dan pisau penghancur es. Blender penghancur es tersedia dalam model ukuran penuh atau blender pribadi berdaya rendah.

Untuk memotong atau menggiling, Anda membutuhkannya dengan pisau potong dan fungsi pemrosesan. Jika tidak, blender standar biasanya cukup untuk sebagian besar kegiatan memblender, menghaluskan, mengaduk, dan mencampur, seperti membuat makanan bayi atau sup krim.

 

3. Fitur Blender Jug atau Jar

Karena kapasitas blender berbeda-beda, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Model kelas atas biasanya menawarkan wadah bahan kaca, sedangkan blender ramah biaya, sebagian besar memiliki bahan plastik.

Untuk opsi penuangan terbaik, pilih blender dengan cerat tuang melengkung yang menonjol. Wadah yang memiliki desain datar membuat penuangan menjadi sulit dan berantakan. Beberapa blender tidak memiliki cerat dan menuang harus dari sudut tabung, yang sulit dilakukan tanpa menetes.

 

4. Fitur Blender Tangan

Blender tangan berbeda dengan blender berbentuk tabung atau jar. Sering disebut sebagai stick blender, ini menawarkan kemudahan memblender, menghaluskan, dan mencampur langsung dalam mangkuk atau panci panas di atas kompor. Dengan bilah yang lebih kecil, blender dapat menangani jumlah yang lebih kecil dengan lebih mudah. Blender ini praktis dan mudah disimpan di dalam laci, dengan beberapa model memiliki rak dinding yang praktis. Tersedia dalam daya listrik atau tanpa kabel, produk ini ideal untuk membuat pure makanan yang dimasak, sup krim, memblender minuman, dan penggunaan lainnya. Beberapa model tangan memiliki fungsi tambahan seperti penghancur es atau menyertakan aksesori pencacah.

 

5. Blender Multifungsi

Ada model-model blender tertentu yang menawarkan lebih dari variasi standar terkait fungsi. Meski lebih mahal, blender ini adalah unit yang kuat dengan konstruksi kelas komersial yang dapat memasak sup, mengolah makanan, membuat jus, dan banyak fungsi lainnya. Unit-unit tersebut dapat menggantikan beberapa peralatan di dapur dan merupakan investasi yang berharga. Jenis blender multifungsi lainnya adalah model yang memiliki aksesori untuk memotong atau memproses, menggunakan unit dasar yang sama.

 

6. Fitur yang Keren

Fungsi prasetel untuk minuman beku atau es adalah fitur yang bagus. Fitur dispensing bisa sangat berguna tetapi membutuhkan lebih banyak pembersihan, dan kapasitas pencampuran harus lebih besar dari level dispenser.

 

7. Perbandingan harga

Semakin banyak fungsi daripada kecepatan yang dimiliki blender tabung, maka kian tinggi pula biayanya. Tentukan dulu jenis blender yang diinginkan, lalu cari fitur yang paling penting bagi Anda. Pertimbangkan keuntungan dari aksesori tertentu, yang dapat menghemat pembelian peralatan lain di kemudian hari. Blender tangan atau imersi tersedia dalam model kabel atau tanpa kabel, dengan atau tanpa aksesori pencacah. Bilah blender umumnya memiliki kemampuan menghancurkan es yang baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement