Senin 13 Feb 2023 08:06 WIB

Yuk Buat Rumah Estetik, Ini 5 Website untuk Inspirasi Desain Ruangan

Referensi dari website bisa menjadi inspirasi membuat ruangan rumah estetik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rumah estetik bisa diperoleh dengan mencari referensi di berbagai website (ilustrasi)
Foto: dok Asya
Rumah estetik bisa diperoleh dengan mencari referensi di berbagai website (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Selain berkonsultasi dengan arsitek dan desainer interior sebelum membangun rumah atau bahkan merenovasinya, melihat-lihat website tempat tinggal juga bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan inspirasi. Di dalam website tersebut, bagian rumah dibagi dalam beberapa kategori ruangan, juga ada yang menyediakan perencanaan rumah untuk pemula.

Berikut ini adalah lima website terkait rumah dan desain interiornya.

Baca Juga

Home Designing

Dilansir dari Archute, Home Designing menonjol karena foto-foto inspiratif yang memungkinkan pembaca memvisualisasikan interior paling keren dari masing-masing kamar dan menghargai eksklusivitas proyek arsitektur kontemporer. Website ini menyediakan konten tentang segala sesuatu yang kontemporer untuk membantu orang-orang menciptakan dan memelihara interior mereka.

 

Roomstyler

Roomstyler adalah website denah lantai (floor plan) dan alat perancangan yang mudah digunakan. Maka dari itu website ini cocok untuk pengguna yang bukan perancang profesional. Dilansir dari SaaSworthy, platform ini memungkinkan pengguna untuk secara instan membuat desain 2D dan 3D untuk rumah impian mereka dengan satu klik tombol.

Untuk mencari ide bagaimana Anda akan mendesain ruangan, Anda dapat pergi ke Discover dan mengeklik Interior. Di sana ada banyak sekali gambar yang dikategorikan menjadi berbagai tipe ruangan dan gaya. Bagi yang ingin membuat desain sendiri, Anda bisa langsung pergi ke Tools dan mengeklik 3D roomplanner ataupun moodboards.

 

HomeByMe

Website yang dikembangkan oleh 3DVIA , merek Dassault Systemes SE,  ini merupakan solusi daring untuk pembuatan proyek desain interior. Dilansir dari websitenya, HomeByMe membantu para pecinta desain interior dan para profesional untuk membuat interior menjadi mudah dan menyenangkan.

Website HomeByMe memiliki beberapa menu, yakni Inspiration, Get Started, Offers, 3D Design Guide, For Pro, dan Log In. Anda bisa mendapatkan ide desain untuk dapur, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, serta dekorasi dan tips di HomeByMe.

 

IKEA

Anda pasti sudah tak asing dengan IKEA. Di website IKEA, Anda tidak hanya bisa membeli furniturnya saja tetapi juga mencari inspirasi untuk rumah, menggunakan program perencanaan dan desain ruang gratis.

Dilansir dari website IKEA, Anda dapat merancang rencana dan interior ruangan di rumah, yakni dapur, ruang makan, kamar tidur dan ruang kerja dalam format 2D atau 3D. Sementara itu, Anda bisa memilih desain ruang sesuai tipe serta ukuran hunian Anda di laman Desain ruang gratis.

 

Planner 5D

Dilansir dari websitenya, Planner 5D memberi orang kesempatan untuk membuat denah dan desain rumah, lanskap, dan kantor yang terlihat profesional. Selain melihat proyek desain interior dan ide dekorasi rumah, Anda dapat mengunggah denah lantai Anda sendiri dari gambar 2D menjadi 3D di Planner 5D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement