Jumat 10 Feb 2023 15:10 WIB

Mau Beli Sepatu? Ini Cara yang Tepat

Saat memilih sepatu, pastikan Anda memahami bentuk kaki Anda sendiri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tunggu hingga sore hari untuk berbelanja sepatu, kaki Anda secara alami mengembang saat digunakan di siang hari dan mungkin membengkak saat cuaca panas/ilustrasi.
Foto: Dok.Ellora
Tunggu hingga sore hari untuk berbelanja sepatu, kaki Anda secara alami mengembang saat digunakan di siang hari dan mungkin membengkak saat cuaca panas/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Membeli sepatu yang tepat merupakan investasi kesehatan kaki. Tapi kapan waktu yang tepat membeli sepatu dan bagaimana Anda menemukan yang pas?

Sebagai langkah awal, cobalah berdiri tanpa alas kaki di atas selembar kertas atau karton, dan telusuri bentuk setiap kaki. Sekarang ambil sepatu Anda, satu per satu, dan letakkan di atas gambar. Jika Anda seperti kebanyakan orang, sepatu "nyaman" Anda akan sangat cocok dengan bentuk kaki Anda sendiri.

Baca Juga

Identifikasi sepatu yang menyebabkan rasa sakit. Jika Anda seorang wanita, sebagian besar penyebab rasa sakit ini adalah sepatu dengan jari kaki sempit atau sepatu hak tinggi. Periksa apakah ujung sepatu lebih sempit atau lebih pendek dari jari kaki Anda sendiri.

Saat Anda siap mengganti beberapa alas kaki yang tidak nyaman itu, tips berikut dapat membantu Anda seperti dilansir dari laman Health Harvard, Jumat (10/2/2023).

1. Tunggu hingga sore hari untuk berbelanja sepatu, kaki Anda secara alami mengembang saat digunakan di siang hari dan mungkin membengkak saat cuaca panas.

2. Kenakan jenis kaus kaki yang sama dengan yang ingin Anda pakai dengan sepatu.

3. Minta penjual mengukur kedua kaki Anda dan lakukan pengukuran setiap kali Anda membeli sepatu baru. Jika satu kaki lebih besar atau lebih lebar dari kaki lainnya, belilah ukuran yang sesuai dengan kaki yang lebih besar.

4. Berdiri di sepatu. Pastikan Anda memiliki jarak setidaknya seperempat hingga setengah inci antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu.

5. Berjalan-jalan di sepatu untuk menentukan bagaimana perasaan mereka. Apakah ada cukup ruang di bola kaki? Apakah tumitnya pas, atau terjepit atau lepas? Jangan merasionalisasi bahwa sepatu hanya perlu "dibobol" atau akan meregang seiring waktu. Temukan sepatu yang pas sejak awal.

6. Percayai tingkat kenyamanan Anda sendiri daripada ukuran atau deskripsi sepatu. Ukuran bervariasi dari satu produsen ke yang lain. Dan tidak peduli seberapa nyaman sebuah iklan mengklaim sepatu itu, Anda adalah hakim yang sebenarnya.

7.Rasakan bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada label, jahitan, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kaki Anda atau menyebabkan lecet.

8. Balikkan sepatu dan periksa solnya. Apakah mereka cukup kokoh untuk memberikan perlindungan dari benda tajam? Apakah mereka menyediakan bantalan? Juga, lakukan tes sol saat Anda berjalan di sekitar toko sepatu: apakah solnya empuk terhadap benturan? Cobalah berjalan di permukaan yang keras serta karpet untuk melihat bagaimana kenyamanan sepatu itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement