Selasa 07 Feb 2023 14:17 WIB

Tip Hindari 4 Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Pencari kerja terkadang lupa mempersiapkan diri untuk wawancara kerja.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Wanita wawancara melamar pekerjaan hrd interview job (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Wanita wawancara melamar pekerjaan hrd interview job (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Seorang pelamar kerja kerap merasa cukup senang setelah masuk tahap wawancara. Hal ini mungkin karena mereka merasa ada peluang besar bakal diterima perusahaan. Tetapi seseorang terkadang lupa bagaimana pentingnya persiapan dalam keberhasilan wawancara. Atau bisa juga mempersiapkan diri secara berlebihan, menjadi gugup, kehilangan kemampuan berpikir, dan gagal menampilkan diri seperti yang diharapkan.

“Wawancara bisa membuat stres bagi semua orang yang terlibat, terutama pencari kerja,” kata Karey Castro, bagian Sumber Daya & Informasi di TRACKS Employment Services di Collingwood, Ontario, seperti dikutip dari collingwoodtoday.ca, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga

Ada banyak cara untuk mempersiapkan wawancara, tetapi juga beberapa kesalahan yang dapat dihindari guna meningkatkan peluang mendapat pekerjaan.

1.Terlalu banyak bicara atau tidak cukup

Dalam setiap wawancara, pewawancara akan mendengarkan kata kunci yang membantu mereka memahami kepribadian dan gaya kerja Anda. Jika Anda terlalu banyak bicara, Anda mungkin dianggap terlalu cerewet atau tidak percaya diri dengan kemampuan Anda sendiri. Di sisi lain, jika tidak menjawab pewawancara dengan informasi dan energi yang cukup, mereka mungkin menganggap Anda tidak tertarik atau tidak cocok untuk posisi tersebut.

 

2. Berbicara negatif tentang posisi masa lalu

Meskipun penting untuk jujur dalam jawaban Anda, berhati-hatilah untuk tidak membahas pengalaman kerja masa lalu dengan cara yang dapat dianggap negatif atau berbahaya. Fokus pada aspek positif dari posisi dan keterampilan yang Anda pelajari. Jika peran tersebut berakhir dengan cara yang salah, coba diskusikan bagaimana Anda menghadapi situasi tersebut dan apa yang Anda pelajari darinya.

 

3. Anda berpakaian terlalu santai

Entah pekerjaan yang Anda lamar memiliki kode berpakaian atau tidak, Anda harus selalu berpakaian profesional untuk wawancara. Ini tidak hanya akan membantu untuk merasa lebih percaya diri, tetapi juga akan memberi kesan pertama yang terbaik. Meskipun Anda tidak ingin mengenakan jas untuk wawancara pekerjaan di gudang, Anda harus selalu berpakaian dengan cara yang menunjukkan bahwa Anda menganggap serius posisi tersebut.

 

4. Anda tidak bisa mengungkap kemampuan diri

Ketika ada banyak kandidat yang melamar suatu posisi, pewawancara akan sering mengajukan pertanyaan yang akan membantu mereka mengenal Anda yang sebenarnya. Ini adalah kesempatan Anda untuk menonjol dibandingkan kandidat lain. “Jangan lupa untuk menindaklanjuti wawancara Anda, baik melalui email ucapan terima kasih atau panggilan telepon,” kata Castro. Perlu diingat bahwa wawancara belum selesai sampai Anda keluar dari gedung.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement