Selasa 07 Feb 2023 14:17 WIB

Biar Cepat Kerja, Ini Cara Ampuh Tingkatkan Soft Skill Anda

Hard skill dan soft skill penting dimiliki bagi setiap pekerja.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Soft skill penting dimiliki karena itu adalah cara Anda bekerja dengan orang lain. Ini termasuk kemampuan berkomunikasi hingga memecahkan masalah.
Foto: Www.freepik.com
Soft skill penting dimiliki karena itu adalah cara Anda bekerja dengan orang lain. Ini termasuk kemampuan berkomunikasi hingga memecahkan masalah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat bekerja ada dua kemampuan yang perlu Anda perhatikan, yaitu hard skill dan soft skill. Keduanya penting dimiliki bagi setiap pekerja. Hard skill adalah keterampilan pekerjaan utama.

Sedangkan soft skill adalah keterampilan yang lebih berfokus pada kemampuan sosial, kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah. Soft skill penting dimiliki karena itu adalah cara Anda bekerja dengan orang lain.

Baca Juga

Soft skill memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan hubungan karyawan, memiliki level leadership (kepemimpinan) yang kuat, mendorong kreativitas dan kritis memecahkan masalah, dan membuat tim yang lebih baik. Jika Anda sedang meningkatkan soft skill, berikut enam cara ampuh yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip Indeed, Selasa (7/2/2023):

1.Terbuka untuk masukan 

Salah satu cara meningkatkan soft skill Anda adalah terbuka terhadap masukan yang Anda terima dari penyelia, manajer, dan bahkan kolega. Ketika Anda terbuka, Anda dapat menerima kritik dengan lebih baik dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan peran Anda di tempat kerja.

 

2.Sering berkomunikasi

Komunikasi yang efektif adalah soft skill yang bermanfaat bagi semua orang di tempat kerja. Meskipun Anda mungkin memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak memerlukan bantuan orang lain di kantor, manfaatkan peluang yang Anda miliki untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda.

Seringlah berkomunikasi untuk mengembangkan soft skill ini, termasuk komunikasi tatap muka, melalui email dan dalam presentasi ke grup. Saat Anda berkomunikasi, pikirkan bagaimana Anda menyapa orang lain, seberapa jelas pesan Anda, dan nada suara Anda.

 

3.Tekankan kerja sama tim

Saat Anda terlibat dalam kerja tim yang baik, Anda menunjukkan kepada atasan bahwa Anda hebat dalam berkolaborasi dengan orang lain. Selama tugas bersama atau tanggung jawab harian, izinkan setiap anggota kelompok untuk menyumbangkan bagian mereka dan rayakan keterampilan dan kepribadian unik kelompok. Saat Anda menekankan kerja tim, Anda membuka diri untuk belajar dari rekan kerja sambil meningkatkan keterampilan Anda sendiri.

 

4.Bangun hubungan yang positif

Anda dapat membangun hubungan positif dengan kolega dengan terlibat dalam percakapan di luar kantor, seperti rencana akhir pekan, keluarga, hobi, dan minat mereka. Cobalah untuk terhubung dengan mereka.

 

5.Keluar dari zona nyaman

Seperti apa pun yang ingin Anda tingkatkan, penting untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang baru. Ini mungkin pengaturan baru, tanggung jawab baru atau peran kepemimpinan. Anda bahkan dapat menawarkan diri untuk memberikan presentasi proyek sebagai cara meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

 

6.Jangan berhenti belajar

Saat Anda melalui proses peningkatan soft skill apa pun, Anda mungkin mengalami kemunduran, tetapi Anda mungkin juga menemukan banyak keberhasilan. Yang penting adalah Anda belajar dari mereka. Jangan pernah berhenti belajar agar soft skill Anda menjadi semakin lebih baik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement