Ahad 05 Feb 2023 00:18 WIB

Google Segera Umumkan Pesaing ChatGPT?

ChatGPT dianggap menjadi saingan dalam bisnis penelusuran informasi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google disebut-sebut mempersiapkan pesaing chatbot buatan OpenAI yang berkembang pesat, ChatGPT.
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File
Google disebut-sebut mempersiapkan pesaing chatbot buatan OpenAI yang berkembang pesat, ChatGPT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Google tampaknya bersiap-siap untuk menghadapi ChatGPT. Perusahaan itu mengumumkan acara pencarian dan kecerdasan buatan berjudul "Google Presents: Live from Paris," yang dijadwalkan pada pukul 8.30 pagi pada 8 Februari.

"Kami menata ulang cara orang menelusuri, menjelajahi, dan berinteraksi dengan informasi, menjadikannya lebih alami dan intuitif daripada sebelumnya untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Bergabunglah bersama kami untuk mempelajari cara kami membuka akses informasi yang lebih besar bagi orang di mana saja, melalui Cari, Maps, dan seterusnya," ujar deskripsi acara di YouTube seperti dilansir dari laman Sea Mashable.

Baca Juga

Meskipun tidak tahu apakah Google benar-benar berencana untuk meluncurkan produk atau layanan baru selama acara tersebut, ada indikasi bahwa itu mungkin merupakan jawaban dari chatbot kecerdasan buatan OpenAI yang berkembang pesat, ChatGPT. 

Laporan New York Times baru-baru ini mengklaim bahwa induk Google, Alphabet, telah mengisyaratkan 'kode merah' secara internal setelah peluncuran ChatGPT, karena dianggap sebagai ancaman eksistensial bagi bisnis pencariannya.

Beberapa hari yang lalu, CNBC melaporkan bahwa Google sedang menguji beberapa alat AI baru, termasuk chatbot yang disebut "Apprentice Bard".

Seperti yang ditunjukkan The Verge, CEO Google Sundar Pichai membuat beberapa komentar menarik selama panggilan pendapatan kemarin. Dia mengatakan bahwa perusahaan memiliki rencana besar di bidang AI selama beberapa bulan ke depan, dan telah mempersiapkannya sejak awal tahun lalu.

Pichai berhenti membocorkan rahasia tentang apa, tepatnya, rencana perusahaan untuk diluncurkan, tetapi dia mengatakan bahwa mereka akan membiarkan orang berinteraksi secara langsung dengan model bahasa terbaru dan paling kuat sebagai pendamping untuk pencarian. Yang pertama adalah chatbot AI Google LaMDA , yang sejauh ini sebagian besar terbatas pada insinyur dan penguji beta Google sendiri.

Waktu acara Google "Live from Paris" juga menarik. Seperti yang ditunjukkan oleh 9to5Google , acara ini memiliki gaya yang mirip dengan acara Search On tahunan Google, tetapi diadakan pada musim gugur. Konferensi I/O Google kemungkinan akan berlangsung pada bulan Mei, jadi sepertinya Google tidak memiliki cukup kesempatan untuk meluncurkan produk baru tahun ini. Acara Februari tiba-tiba muncul, dan mungkin saja popularitas besar ChatGPT yang mendorong Google untuk bertindak cepat.

Sekali lagi, tidak satu pun dari ini adalah bukti bahwa Google akan meluncurkan produk  pada 8 Februari, tetapi pasti akan menarik untuk melihat apa yang dikatakan perusahaan tentang AI dan pencarian di dunia di mana jutaan orang mencari jawaban ke chatbot OpenAI ketimbang melakukan pencarian di Google.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement