Kamis 02 Feb 2023 22:31 WIB

Cek 7 Faktor Memilih Panel Surya Terbaik untuk Rumah

Panel surya adalah investasi besar, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Panel surya adalah investasi besar, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak./ilustrasi
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Panel surya adalah investasi besar, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Permintaan energi surya terus meningkat. Namun, banyak orang tidak tahu cara memanfaatkan energi matahari secara maksimal. Padahal, ketika musim kemarau, kita bisa memanfaatkan energi matahari secara maksimal untuk rumah, salah satunya menemukan panel surya yang tepat.

Melakukan riset dan menghitung biaya penggunaan tenaga surya merupakan langkah pertama yang penting. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Dilansir Blue and Green Tomorrow pada Kamis (2/2/2023), berikut tujuh faktor utama memilih panel surya terbaik untuk rumah.

Baca Juga

 

1. Harga

 

Panel surya adalah investasi besar, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak. Saat mengevaluasi panel surya, perlu diingat bahwa harga bukan satu-satunya faktor penting. Panel termahal mungkin bukan nilai terbaik, dan panel termurah mungkin juga bukan yang terburuk. Alih-alih berfokus pada harga, cari sistem berkualitas tinggi yang efisien dan bertahan lama. Panel surya memiliki umur lebih dari 30 tahun, jadi penting menemukan sistem yang akan memberikan kinerja optimal jangka panjang.

 

2. Jenis Panel Surya

Panel surya hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Panel silikon monocrystalline adalah jenis panel yang paling efisien, tetapi harganya juga lebih tinggi. Panel silikon polikristalin kurang efisien, tetapi harganya lebih terjangkau. Panel silikon film tipis atau Amorf adalah jenis panel yang paling tidak efisien, tetapi menggunakan lebih sedikit silikon dan lebih tipis, membuatnya lebih mudah dipasang. Dalam hal efisiensi, tidak ada solusi yang cocok untuk semua. Jenis panel terbaik untuk rumah Anda akan bergantung pada anggaran dan kebutuhan pemasangan.

 

3. Toleransi Suhu

Ini hanyalah sejauh mana panel dapat beroperasi dengan benar, bahkan saat terkena panas. Secara umum, sebagian besar panel surya memiliki koefisien suhu antara -0,2 persen dan -0,5 persen per derajat Celsius. Namun, beberapa panel mampu menahan suhu yang lebih tinggi tanpa mengalami penurunan performa yang signifikan. Untuk menemukan panel surya terbaik untuk kebutuhan, carilah produk dengan tingkat toleransi panas yang tinggi, karena akan lebih siap untuk menjaga efisiensi pengoperasian yang optimal, bahkan di iklim yang lebih hangat. Pada akhirnya, ini akan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan keluaran sistem dan menikmati penghematan biaya yang lebih besar dari waktu ke waktu.

 

4. Kualitas

Dalam hal energi matahari, memilih panel berkualitas tinggi sangat penting untuk memastikan hasil dan kinerja yang optimal. Garansi 25 tahun yang solid biasanya merupakan indikator baik dari kepercayaan pabrikan terhadap produknya. Namun, itu juga bisa menjadi tanda bahwa perusahaan tidak mau bertanggung jawab atas masalah atau masalah apa pun yang muncul di kemudian hari. Karena itu, meskipun harga rendah mungkin tampak seperti pilihan yang menarik pada awalnya, tetapi mungkin akan lebih mahal dalam jangka panjang, jika kualitas dikorbankan demi keterjangkauan. Untuk memaksimalkan masa pakai panel surya dan memastikan efisiensi maksimum, maka penting selalu melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin. Ini umumnya melibatkan pembersihan panel secara teratur, mengganti bagian yang rusak sesuai kebutuhan, dan memantau indikator kinerja secara teratur. Secara keseluruhan, dengan perawatan dan perhatian yang tepat, panel surya dapat menjadi sumber energi yang andal dan tahan lama selama beberapa dekade mendatang.

 

5. Efisiensi

Ketika memilih panel surya, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menentukan efisiensi panel secara keseluruhan.

Pertama, jumlah cahaya yang diterima panel akan menentukan berapa banyak listrik yang dihasilkannya dan seberapa efektifnya dalam memenuhi kebutuhan energi. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik sebagai konsumen, seperti, apakah memerlukan panel besar atau kecil, serta, apakah bersedia membayar lebih untuk efisiensi tinggi, meskipun itu berarti membelanjakan lebih banyak di muka.

 

6. Daya tahan

Ada banyak alasan mengapa penting untuk mencari daya tahan saat memilih panel surya terbaik untuk rumah. Panel surya yang tahan lama akan bertahan lebih lama daripada yang kurang tahan lama, artinya Anda tidak perlu terlalu sering menggantinya. Lebih mungkin tahan berbagai kondisi atau dampak dari benda yang jatuh, seperti cabang pohon.

Ini tidak hanya membantu memastikan bahwa panel surya akan terus bekerja secara efisien tetapi juga melindunginya dari potensi kerusakan yang dapat membuatnya tidak berguna sama sekali. Dengan memilih panel surya yang tahan lama, Anda dapat mengurangi jejak karbon secara keseluruhan, karena tidak perlu sering mengganti panel sehingga tidak perlu membeli dan menggunakan bahan tambahan selama proses ini.

 

7. Ukuran

Saat berbelanja panel surya, penting memperhatikan ukuran panel. Panel yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak listrik, yang bisa menjadi keuntungan besar jika menggunakan energi yang tinggi. Mereka juga cenderung lebih tahan lama dan lebih mudah dipasang. Namun, panel yang lebih besar juga bisa lebih mahal, jadi penting untuk menyeimbangkan antara ukuran dan biaya saat memilih panel surya terbaik untuk rumah. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement