Kamis 02 Feb 2023 04:00 WIB

Ini Bukti Orang Indonesia Hobi Internetan

Rata-rata aktivitas ruang digital dunia yakni selama 6 jam 37 menit, Indonesia?

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rata-rata aktivitas ruang digital dunia yakni selama 6 jam 37 menit, sedangkan Indonesia 8 jam 36 menit./ilustrasi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Rata-rata aktivitas ruang digital dunia yakni selama 6 jam 37 menit, sedangkan Indonesia 8 jam 36 menit./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, aktivitas ruang digital orang Indonesia melebihi rata-rata dunia. Rata-rata aktivitas ruang digital dunia yakni selama 6 jam 37 menit, sedangkan Indonesia 8 jam 36 menit.

"Orang Indonesia ini aktivitas ruang digitalnya melebihi rata rata dunia, dunia itu cuma 6 jam 37 menit dalam sehari, Indonesia netizennya itu menghabiskan rata-rata 8 jam 36 menit, artinya banyak sekali di ruang digital separuhnya," kata Semuel dalam peluncuran status literasi digital Indonesia 2022 yang disiarkan secara daring, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga

Semuel juga menyebutkan, jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Selama pandemi telah menyumbang 21 juta pengguna internet di Indonesia. "Memang pandemi kemarin banyak yang memaksa kita yang tadinya masih tunggu dulu, akhirnya tambahannya 21 juta pengguna yang aktif beraktivitas di ruang digital selama pandemi saja," ujar Semuel.

Namun demikian, kata Semuel, peningkatan jumlah pengguna internet ini tidak diikuti literasi digital yang memadai. Karena itu, Kementerian Kominfo terus mendorong agar peningkatan aktivitas digital ini diikuti dengan pengetahuan untuk memahami risiko yang timbul.

"Banyak penipuan terjadi, terakhir surat undangan dikasih malware yang kalau kita klik menginfeksi HP kita akhirnya kita dirugikan, belum lagi penipuan OTP dan lain lain, itu perlu ditingkatkan kehati-hatian," ujarnya.

Semuel mengatakan, tak hanya ruang fisik, kehati-hatian di ruang digital juga perlu dilakukan. Sebab, saat ini ruang digital dan ruang fisik saling berhubungan.

Karena itu, Kemkominfo mendorong literasi digital dengan empat pilar antara lain digital skil atau kemampuan digital, digital safety atau keamanan dalam dunia digital, digital culture atau budaya digital dan digital ethics atau etika digital.

"Kalau di fisik kita diajari orang tua dari awal, di ruang digital harusnya juga, karena realitas manusia modern itu satu kesatuan antara ruang digital dan fisik," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement