Senin 30 Jan 2023 15:32 WIB

Catat, Konjungsi Bulan-Mars Terjadi Besok 31 Januari

Jika cuaca cerha, konjungsi Bulan dan Mars bisa dilihat dengan mata telanjang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Konjungsi Bulan-Mars terjadi pada 31 Januari 2023/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Konjungsi Bulan-Mars terjadi pada 31 Januari 2023/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak fenomena astronomi yang akan terjadi di tahun 2023. Salah satunya adalah konjungsi Bulan-Mars pada 31 Januari.

Secara umum, konjungsi terjadi antara Bulan dan planet lain (Venus, Merkurius, Mars, Jupiter, atau Saturnus). Jadi konjungsi Bulan-Mars bermakna posisi bulan sejajar dengan posisi Mars.

Baca Juga

Dilansir Starwalk Space, Senin (30/1/2023), pada tanggal 31 Januari, pukul 04:24 GMT, Bulan yang membesar akan bertemu Mars untuk kedua kalinya dalam sebulan. Planet Merah akan bersinar pada jarak 0,1 derajat dari satelit alami kita. Ini akan menjadi konjungsi terdekat tahun ini sehingga jangan sampai Anda melewatkannya. Objek akan cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang.

Menurut Instagram Planetarium Jakarta, Konjungsi Bulan-Mars terjadi pada Selasa (31/1/2023) pukul 19.00 WIB. “Fenomena ini dapat diamati mulai pukul 18.17 WIB hingga Rabu dini hari pukul 01.34 WIB,” tulis @planetariumjkt.

Jika Anda penasaran melihat fenomena astronomi ini, Anda dapat menggunakan teleskop untuk menyaksikannya dengan jelas. Jika cuaca sedang cerah, ada kemungkinan fenomena bisa disaksikan dengan mata telanjang. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement