Ahad 29 Jan 2023 08:05 WIB

Waduh, Ini Dia Asteroid yang Sangat Sulit Dihancurkan

Asteroid tersebut sepertibantalan luar angkasa raksasa dan sangat sulit dihancurkan,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Asteroid/ilustrasi
Foto: EPA
Asteroid/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Asteroid Itokawa adalah tumpukan puing berbatu sepanjang 500 meter, Beberapa pakar menyebut asteroid Itokawa berbentuk kacang, sementara yang lain mengatakan itu menyerupai berang-berang laut, lengkap dengan kepala, leher, dan badan.

Seperti apa pun rupa Itokawa, penelitian baru menunjukkan bahwa Itokawa tetap utuh-meskipun pemboman asteroid yang tak henti-hentinya di tata surya bagian dalam-sejak terbentuk lebih dari 4,2 miliar tahun yang lalu. Temuan ini tampaknya penting untuk misi masa depan yang dirancang melindungi Bumi dari asteroid tumpukan puing, kata para peneliti.

Baca Juga

“Singkatnya, kami menemukan bahwa Itokawa seperti bantalan luar angkasa raksasa, dan sangat sulit dihancurkan,” kata Fred Jourdan, seorang astronom di Curtin University di Australia dan penulis utama makalah baru tersebut, dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space.

Tim menghitung usia Itokawa menggunakan bintik debu asteroid yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Hayabusa Jepang dan dibawa kembali ke Bumi pada 2010. Dengan menganalisis partikel debu, tim Jourdan menemukan bahwa Itokawa hampir setua tata surya itu sendiri. Di makalah baru, tim menjelaskan bagaimana Itokawa selamat dari tabrakan asteroid yang tak terhitung jumlahnya selama 4,2 miliar tahun.

Meskipun para peneliti sudah mengetahui bahwa tabrakan dahsyat menghancurkan tubuh induk Itokawa, ini adalah pertama kalinya usia dan ketahanan persis Itokawa dipelajari secara langsung.

Selain itu, tim di balik penelitian baru mempelajari tekstur dan komposisi tiga partikel debu kecil yang dikumpulkan dari permukaan Itokawa. Para ilmuwan menggunakan metode penanggalan radioaktif yang disebut penanggalan argon-argon untuk mengukur usia Itokawa, yang menurut mereka mencapai 4,2 miliar tahun.

Sebagai bagian dari penelitian, tim juga mengukur seberapa banyak partikel debu, dan selanjutnya Itokawa, telah terpengaruh oleh guncangan dari tabrakan asteroid. Untuk ini, para peneliti menggunakan metode lain yang disebut difraksi hamburan balik elektron untuk mengukur struktur dan orientasi kristal yang tertanam di dalam partikel debu.

Tim menemukan bahwa sebagian besar partikel debu murni. Ini menunjukkan mereka digali dari asteroid induk, kemungkinan ketika pecah selama tabrakan bencana. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa Itokawa sangat tahan terhadap tabrakan, berkat sifat asteroid yang sangat keropos.

Sebagai penggabungan sisa-sisa dari tabrakan asteroid, Itokawa menampung batu-batu besar dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bercampur karena gravitasi. Tumpukan puing itu “seluruhnya terbuat dari batu-batu besar dan bebatuan, dengan hampir setengahnya adalah ruang kosong,” kata Jourdan dalam pernyataan itu.

Saat asteroid menabrak Itokawa, rongga atau pori besar di antara batu-batu ini menyerap banyak energi yang dihasilkan, melindungi struktur asteroid dari retakan. Dengan cara ini, pori-pori membantu tumpukan puing seperti Itokawa bertahan dari tabrakan asteroid setidaknya 10 kali lebih lama daripada asteroid berbadan tunggal konvensional, juga dikenal sebagai monolit, demikian temuan para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement