Kamis 26 Jan 2023 13:05 WIB

Empat Cara Atasi Anak Bertransaksi Daring tanpa Izin

Karena ketidaktahuannya, anak dapat saja bertransaksi daring dengan ponsel orang tua.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Belanja online (ilustrasi). Orang tua bisa menyesuaikan pengaturan pada aplikasi belanja online di dalam ponsel mereka agar tak mudah diakses oleh anak-anak.
Foto:

Ajukan Refund

Beberapa aplikasi dan platform memungkinkan pengajuan refund atau pembatalan transaksi. Namun, fitur seperti ini biasanya dibatasi oleh waktu dan tak tersedia untuk jangka waktu yang lama.

Bila transaksi dilakukan menggunakan kartu kredit, orang tua juga dapat menghubungi perusahaan kartu kredit. Jelaskan situasi yang dihadapi dan ajukan reversal.

Orang tua dianjurkan pula meminta perusahaan kartu kredit untuk menandai kode merchant yang digunakan anak. Dengan begitu, transaksi yang terjadi berikutnya tak langsung diproses.

Edukasi

Anak terkadang tak mengerti bahwa tombol-tombol yang mereka pilih saat membuka aplikasi dapat berujung pada terjadinya sebuah transaksi. Dalam hal ini, orang tua dianjurkan untuk bicara dan memberikan pemahaman yang baik kepada anak-anak mereka bagaimana transaksi di dalam aplikasi bisa terjadi.

Berikan pula batasan yang jelas mengenai transaksi, seperti apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Sebagai contoh, orang tua memperbolehkan anak mereka untuk membeli buku secara daring untuk keperluan sekolah, tetapi tidak memperbolehkan membeli sesuatu untuk gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement