Kamis 19 Jan 2023 10:32 WIB

Mau Beli E-Reader? Perhatikan 9 Hal Ini

Tipe layar, ukuran, hingga harga bisa jadi bahan pertimbangan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
eReader Kindle
eReader Kindle

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dengan E-reader memungkinkan seseorang membawa ribuan buku dalam satu perangkat portabel. Jika Anda tertarik untuk membeli e-reader baru, ada beberapa gaya, spesifikasi, dan kumpulan fitur yang harus Anda ketahui. Berikut ini sembilan hal yang harus diperhatikan dalam memilih e-reader, dilansir dari LifeWire, Kamis (19/1/2023)

  • Tipe layar

Saat memilih e-reader, putuskan apakah Anda lebih suka tampilan seperti kertas yang tidak menyala, contohnya E Ink atau layar LCD biasa seperti yang ada di ponsel Anda. E-Ink cenderung mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan masa pakai baterai. Layar LCD dapat menampilkan warna dan biasanya dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh.

Baca Juga

Ada juga e-reader yang menampilkan tampilan kertas elektronik dan layar sentuh LCD pada saat yang bersamaan. Untuk tampilan kertas elektronik, bandingkan layar. Beberapa memiliki kontras yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi daripada yang lain.

 

  • Ukuran dan berat

Yang patut diperhitungkan ketika membeli e-reader adalah ukurannya. Terutama ketika menyangkut seberapa portabel yang Anda inginkan untuk e-reader Anda. Misalnya jika Anda menginginkan perangkat e-reader yang kecil, Anda bisa memilih basic Kindle dari Amazon atau Barnes & Noble NOOK Glowlight Plus. Keduanya ringan dan mudah dibawa saat bepergian.

Lalu, ada yang lebih besar seperti Kindle Fire HD 10, Apple iPad, dan iPad Pro. Perangkat-perangkat ini tidak bisa masuk ke dalam saku, namun jika Anda menginginkan layar besar, ini patut dipertimbangkan.

 

  • Antarmuka

Kontrol untuk perangkat e-reader biasanya berdasarkan pada tombol, layar sentuh, atau kombinasi keduanya. Kontrol berbasis tombol memerlukan lebih sedikit daya dan lebih akurat. Namun, kontrol ini bisa jadi tidak praktis untuk digunakan. Sementara itu, layar sentuh lebih intuitif tetapi bisa lamban, rawan noda, dan biasanya menghabiskan lebih banyak baterai.

 

  • Daya tahan baterai

Masa pakai baterai merupakan pertimbangan penting. E-reader dasar tanpa fitur mewah biasanya memiliki masa pakai baterai yang lebih lama. Perangkat dengan Wi-Fi dan penjelajahan web cenderung memiliki waktu pengoperasian yang lebih singkat.

 

  • Fitur

Beberapa perangkat, seperti Reader Pocket dan Kobo e-reader yang lebih lama, dirancang untuk membaca dan melewatkan fitur tambahan, termasuk pemutaran musik. Di sisi lain, e-reader NOOK memutar musik, memiliki browser web, dan menyertakan antarmuka layar sentuh. iPad berfungsi seperti komputer mini.

 

  • Format

Periksa format yang mampu ditangani oleh perangkat. Format file populer antara lain EPUB, PDF, TXT, dan HTML. Semakin banyak format yang dapat ditampilkan perangkat, semakin baik.

Periksa juga apakah e-reader terbuka atau menggunakan format berpemilik. Format terbuka seperti EPUB, berarti Anda dapat memindahkan e-book dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Sebaliknya, format AZW milik Amazon hanya dapat ditampilkan oleh perangkat Kindle, tetapi dapat mengonversi dokumen EPUB menggunakan aplikasi Send to Kindle.

 

  • Kapasitas

Ini menentukan berapa banyak media yang muat di perangkat pada satu waktu. Semakin tinggi memori, semakin banyak e-book dan file yang dapat Anda muat. Kapasitas tinggi sangat penting untuk e-reader multimedia yang juga memutar musik, video, dan aplikasi. Selain memori internal, beberapa perangkat dilengkapi slot untuk kartu SD. Ini memungkinkan Anda menambah kapasitas perangkat.

 

  • Akses Toko

Bergantung pada perangkatnya, e-reader dapat langsung mengakses toko e-book tertentu, yang berarti kenyamanan ekstra, pilihan yang lebih luas, dan akses ke buku terlaris terbaru.

Kindle, misalnya, memiliki akses langsung ke toko buku online Amazon. NOOK dan Kobo masing-masing memiliki akses ke Barnes & Noble dan Borders. Perangkat yang tidak memiliki akses penyimpanan langsung masih dapat menampilkan e-book yang kompatibel, tetapi Anda harus mendownload buku tersebut dari PC terlebih dahulu. Pilihannya lainnya adalah sumber e-book gratis seperti Project Gutenberg.

 

  • Harga

Ini bisa menjadi faktor terbesar saat memutuskan untuk membeli pembaca e-book. Analis dan orang dalam industri mengatakan 99 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 1,4 juta adalah magic price point bagi sebagian besar e-reader. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement