Kamis 19 Jan 2023 05:55 WIB

Cara Pakai Fitur Pool di WhatsApp, Bisa Serius atau Seru-seruan

Tidak hanya di grup WhatsApp, tetapi bisa juga "polling" di percakapan pribadi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk memudahkan pencapaian kata sepakat, pengguna aplikasi WhatsApp bisa memakai fitur
Foto: Unsplash
Untuk memudahkan pencapaian kata sepakat, pengguna aplikasi WhatsApp bisa memakai fitur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat sedang berbincang di grup WhatsApp, terkadang ada kebutuhan untuk meminta pendapat para anggota grup akan sesuatu. Misalnya, dalam grup WhatsApp dengan keluarga besar, ketika hendak memutuskan ingin makan bersama di mana.

Untuk memudahkan pencapaian kata sepakat, pengguna aplikasi WhatsApp bisa memakai fitur "polling" alias jajak pendapat, yang sudah tersedia sejak akhir 2022. Penggunaannya tidak hanya di grup WhatsApp, tetapi bisa juga memulai "polling" di percakapan pribadi.

Baca Juga

Semua anggota grup bisa membuat "polling", tidak cuma admin grup. Penggunaan fitur ini bisa untuk hal serius maupun seru-seruan. Misalnya, di grup kantor WhatsApp untuk menetapkan waktu dan lokasi rapat, atau membuat jajak pendapat di grup komunitas mengenai kesukaan atau hobi bersama.

Laman FAQ di situs whatsapp.com memaparkan cara membuat "polling" WhatsApp di Android, iOS, serta PC. Untuk ponsel Android dan iOS, buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih percakapan pribadi atau grup yang ingin dibuatkan "polling".

Pilih ikon klip kertas di bagian bawah, dekat tempat mengetikkan pesan, tepatnya di samping kiri ikon kamera. Sementara untuk iOS, ikon yang tersedia berbentuk tanda plus, yang tersedia di sisi kanan kotak pengetikan pesan. Akan muncul beberapa fitur, lantas klik "polling" atau "poll".

Selanjutnya, akan muncul layar bertuliskan "Buat Polling" atau "Create Poll". Pengguna bisa menuliskan pertanyaan di kolom yang tersedia, dan menyertakan pilihan jawaban di bagian bawahnya. Opsi pilihan bisa dirancang hingga maksimal 12 poin.

Pengguna bisa mengganti urutan opsi jawaban dengan cara menekan dan menggeser ikon tiga garis di bagian kanan tiap opsi jawaban. Setelah pertanyaan dan jawaban sudah siap, sebarkan "polling" dengan menekan pilihan "kirim" atau "send" di kanan bawah.

Bagi pengguna WhatsApp Dekstop di laptop atau komputer, caranya juga tidak jauh beda. Buka aplikasi WhatsApp Dekstop, pilih grup atau percakapan pribadi yang dituju, lalu klik menu "attachment" di kotak pengetikan, kemudian pilih opsi "polling". Buat jajak pendapat seperti cara di ponsel dan tekan tombol kirim.

Pengguna WhatsApp yang ingin menjawab "polling" yang sudah dibuat cukup menekan opsi yang dihendaki. Jawaban bisa dihapus atau diganti dengan mengeklik kembali opsi jawaban tersebut. Bisa juga memilih lebih dari satu opsi. Hasil akhir "polling" WhatsApp dapat dilihat secara lengkap dengan menekan opsi "view vote".

Hal lain yang perlu diketahui, fitur ini gratis sehingga tidak memerlukan biaya tambahan. WhatsApp pun menghadirkan notifikasi otomatis setiap kali ada "polling" masuk atau dibatalkan. Jika fitur "polling" tidak muncul, pengguna mungkin perlu memeriksa versi terbaru dari aplikasi WhatsApp di ponsel atau desktop-nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement