Selasa 17 Jan 2023 14:02 WIB

Cukup Pakai HP untuk Deteksi Kamera Tersembunyi di Hotel, Ini Caranya

Biasanya cahaya inframerah (IR), yang digunakan karena tidak dapat dideteksi mata.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kamera tersembunyi (ilustrasi)
Foto: Unsplash
Kamera tersembunyi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Sering staycation? Ada baiknya Anda berhati-hati. Ini karena selalu ada kemungkinan kamera tersembunyi di tempat Anda menginap. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kamera tersembunyi di tempat menginap, seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga

  • Gunakan kamera smartphone

Jika kamera ingin menangkap gerakan atau mengambil foto di ruangan dengan cahaya redup atau gelap, biasanya menggunakan cahaya inframerah (IR), yang tidak dapat dideteksi oleh mata manusia. Namun, meskipun Anda tidak dapat melihat cahaya IR yang dipancarkan oleh kamera, sensor pada kamera smartphone Anda seharusnya dapat melakukannya.

Di beberapa ponsel, hanya kamera depan yang dapat menangkap cahaya IR. Ada pula seperti Pixel 6, akan berfungsi dengan kamera depan dan belakang. Jika ingin mencobanya, pertama-tama pengguna harus memeriksa ponsel untuk menemukan sinyal IR dengan menggunakan TV atau remote lainnya.

 

  • Nyalakan kamera ponsel Anda dan arahkan ke remote.

Nyalakan remote dan cari lampu kecil, stabil atau berkedip. Ini mungkin akan terlihat seperti warna merah muda keunguan, meskipun kerap dilaporkan sebagai biru keunguan. Jika Anda sudah mencobanya dengan kamera belakang dan tidak melihat cahaya kecil, coba dengan kamera depan.

Sekarang yang harus Anda lakukan untuk memeriksa kamera yang dilengkapi IR adalah membuat ruangan segelap mungkin, agar jika ada kamera, IR akan terdeteksi. Kemudian pindai ruangan secara perlahan dengan ponsel Anda. Jika ada kamera aktif dengan pencahayaan IR, Anda seharusnya dapat menemukan kamera tersembunyi.

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada kamera aktif di kamar dan trik IR tidak berfungsi, baik karena tidak ada kamera atau kamera tidak dilengkapi dengan IR, maka cara lain untuk menemukan perangkat aktif adalah memeriksa hal lain yang terhubung ke jaringan lokal.

 

  • Pakai aplikasi

Ada sejumlah aplikasi penganalisa jaringan yang dapat menemukan perangkat apa yang terhubung ke jaringan lokal Anda. Misalnya, aplilasi Fing, yang tersedia untuk Android dan iOS).

Aplikasi ini dapat menemukan dan mencantumkan semua perangkat yang ada di jaringan Anda. Itu juga dapat membiarkan pengguna mengonfirmasi perangkat mana yang Anda kenali sehingga dapat dengan mudah menemukan perangkat yang tidak seharusnya ada di sana.

Tentu saja itu hanya beberapa kemungkinan metode yang bisa dicoba dan cukup menyenangkan untuk memainkan fitur deteksi IR di ponsel Anda. Jika benar-benar khawatir, Anda dapat keluar dan membeli detektor frekuensi radio (RF), yang akan menangkap sinyal apa pun yang berasal dari mikrofon tersembunyi ataupun kamera. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement