Selasa 17 Jan 2023 09:32 WIB

Fakta Unik dan Khasiat Anggur Hitam, Apa Saja?

Asupan rutin buah anggur hitam dapat menurunkan sindrom metabolik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Anggur hitam
Foto: Unsplash
Anggur hitam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Buah-buahan adalah salah satu makanan yang selalu perlu diwaspadai oleh penderita diabetes. Pakar kesehatan mengatakan bahwa gula alami dalam buah-buahan dapat meningkatkan kadar glukosa secara tidak konsisten.

Inilah salah satu alasan utama pasien diabetes perlu memilih makanan yang aman untuk kadar gula darahnya, dan dengan indeks glikemik rendah. Anggur adalah salah satu buah tersebut, padat polifenol, kategori senyawa tanaman yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan pencernaan, mengatur kesehatan otak serta melindungi dari penyakit jantung dan bahkan kanker.

Baca Juga

Menurut pakar kesehatan, seperti dilansir dari Times Now News, asupan rutin buah anggur hitam dapat menurunkan sindrom metabolik. Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi anggur yang kuat, anggur aman bagi penderita diabetes, tetapi dalam jumlah yang terkontrol.

Anggur hitam tidak hanya enak, tetapi cukup bermanfaat bagi pasien diabetes karena memiliki nilai GI rendah di kisaran 43 hingga 53. Dokter mengatakan asupan anggur dalam bentuk apa pun seperti mengonsumsi buah utuh, jus, atau ekstrak memberikan efek untuk gula darah yang luar biasa. Ini karena adanya fitonutrien, suatu zat yang terdapat pada tanaman tertentu yang membantu mencegah berbagai penyakit.

Anggur hitam sarat dengan resveratrol yang bertindak sebagai zat antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan dalam mengurangi risiko diabetes. Ini juga membantu memperpanjang masa hidup orang yang menderita diabetes tipe-2.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa anggur hitam rendah kalori karena mengandung lebih dari 82 persen air. Tubuh dapat mengisi dan menghidrasi dengan semua air itu. Menurut ahli kesehatan, anggur juga memberikan kontrol insulin yang lebih baik serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Jika Anda suka mencamil makanan manis, anggur hitam adalah cara yang bagus untuk memuaskannya. Daripada makan makanan manis seperti permen karet, lolipop, dan produk gula lainnya, makan anggur bisa menjadi pilihan yang lebih sehat.

Lantas berapa porsi yang pas? The Mayo Clinic merekomendasikan bahwa ukuran porsi makanan ramah diabetes bergantung pada kandungan karbohidratnya. Satu porsi buah mengandung sekitar 15 gram karbohidrat. Anda harus makan 17 buah anggur hitam setiap hari untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Tidak hanya itu, anggur hitam juga memiliki manfaat kesehatan lain misalnya bermanfaat untuk otak, terutama untuk anak kecil. Mereka harus dibiasakan untuk memakan buah ini karena membantu menyegarkan pikiran dan memperkuat daya ingat.

Anggur hitam membantu melawan penyakit seperti kanker, bisa menjaga kesehatan jantung, bermanfaat untuk migrain dan jenis sakit kepala cluster lainnya. Anggur juga dikonsumsi pada penyakit ginjal. Anggur mengeluarkan zat beracun dari ginjal dan hati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement