Selasa 17 Jan 2023 10:11 WIB

Jangan Salah Pilih Cat Rumah, Begini Caranya

Cobalah untuk memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur dan dekorasi Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Jangan sembarangan pilih cat rumah agar selaras dengan keseluruhan tema dalam ruangan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Jangan sembarangan pilih cat rumah agar selaras dengan keseluruhan tema dalam ruangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Memilih warna cat rumah bukanlah urusan yang mudah. Anda harus menyelaraskan warna cat dengan furnitur di rumah, misalnya, agar keseluruhan tempat tinggal menjadi enak dipandang mata. Berikut ini merupakan cara memiliki warna cat untuk seluruh rumah, dilansir dari Hey There Home, Selasa (17/1/2023).

  • Jangan pilih warna cat dulu.

Tampaknya wajar untuk menyelesaikan hal-hal terbesar terlebih dahulu, tetapi jauh lebih mudah untuk memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur dan dekorasi Anda daripada memilih dekorasi yang cocok dengan warna cat.

Baca Juga

 

  • Mulailah dengan sebuah inspirasi.

Anda bisa mencari inspirasi, misalnya di Pinterest. Pinterest adalah tempat yang tepat untuk memulai saat menentukan warna cat rumah. Buat papan untuk setiap ruangan dan mulailah menyematkan ruangan yang menarik perhatian Anda. Setelah Anda memilih sekitar 10, Anda akan merasakan apa yang membuat Anda tertarik pada warna dan gaya.

 

  • Menetapkan pusat perhatian di sebuah ruangan.

Anda harus terlebih dahulu memutuskan ke mana Anda ingin perhatian di sebuah ruangan itu diarahkan. Jika jawaban Anda adalah tembok, maka pilihlah warna yang berani. Jika Anda memilih warna berani untuk dinding, segala hal lain di ruangan itu harus cukup berwarna netral sehingga tidak berakhir terlihat seperti bersaing.

Contohnya, warna berani di kamar mandi bisa bekerja dengan sangat baik karena hampir semua hal lain di kamar mandi sudah netral (warna putih).

 

  • Gunakan tester.

Beli tester dalam beberapa warna atau nuansa dan cat area yang cukup luas pada beberapa dinding yang berbeda sehingga Anda dapat melihat bagaimana cahaya menerpanya pada waktu yang berbeda sepanjang hari. Cobalah untuk tidak menguji cat Anda pada dinding putih, karena akan menghilangkan warnanya. Jika perlu, lakukan saja untuk mendapatkan suasana yang lebih baik.

Biarkan area pengujian selama sekitar satu pekan sehingga Anda dapat melihat seperti apa warnanya pada waktu yang berbeda dalam sehari dan dalam cahaya berbeda. Tips lainnya adalah daripada mengecat seluruh ruang tinggal (konsep terbuka) dengan satu warna, pisahkan dengan mengecat beberapa ruangan atau dinding aksen beberapa warna lebih terang atau lebih gelap pada bilah warna yang sama. Ini akan menambah kedalaman ruang.

 

  • Uji warna cat Anda dengan furnitur dan kain

Jangan hanya menguji warna Anda di dinding. Cat selembar papan poster dan pegang di sofa, meja, atau barang lain yang akan ada di ruangan untuk melihat apakah sesuai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement