Selasa 17 Jan 2023 01:58 WIB

Buat Makanan Lebih Sehat, Begini Cara Kerja Air Fryer

Penggunaan air fryer dapat mengurangi konsumsi minyak untuk memasak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penggunaan air fryer dapat mengurangi konsumsi minyak untuk memasak.
Penggunaan air fryer dapat mengurangi konsumsi minyak untuk memasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Air fryer menggunakan teknologi yang hampir sama dengan oven konveksi, tetapi dalam skala yang lebih kecil. Komponen pemanas memanaskan udara, yang diedarkan oleh kipas yang kuat di sekitar makanan untuk memasaknya dan menghasilkan efek 'menggoreng' dengan sedikit minyak. Prosesnya  juga lebih cepat sehingga ruang kecil air fryer hanya membutuhkan beberapa menit pemanasan awal.

Air fryer hadir dengan keranjang atau laci, untuk menyimpan makanan yang Anda masak, pengatur waktu dan pengaturan yang telah diprogram sebelumnya untuk makanan yang berbeda. Bergantung pada anggaran Anda, perangkat ini tersedia dalam tombol manual atau tampilan layar sentuh.

Baca Juga

"Kami menyebutnya air fryer, tetapi sebenarnya ini adalah oven konveksi kecil," ujar McGrady, mantan koki pribadi Ratu dan Putri Diana dan sekarang menjadi pemilik perusahaan katering Royal Chef.

Ketika McGrady memasak 200 porsi daging sapi tetapi ada dua orang yang meminta salmon, ia bisa menggoreng dua potong salmon dalam waktu delapan menit dengan sempurna. "Anda juga bisa memasak makanan sehat di sana, bukan hanya keripik," ujar McGrady.

Ia menggunakan air fryer untuk ubi, ikan, daging, dan kue bolu. Putrinya yang masih kuliah bahkan menggunakannya untuk membuat telur rebus yang sempurna.

Sedangkan, ahli gizi Jenna Hope mengatakan air fryer membutuhkan lebih sedikit minyak sehingga membantu mengurangi kandungan kalori dari keseluruhan makanan. Ini benar-benar cara yang lebih sehat untuk memasak sambil mempertahankan rasa dan teksturnya. Ini juga jauh lebih tidak berantakan daripada menggoreng biasa. Produsen mengklaim 75 persen lebih sehat daripada gorengan konvensional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement