Senin 16 Jan 2023 11:28 WIB

6 Solusi WhatsApp Web Susah Sinkron

Sering terjadi WhatsApp Web susah sinkron dengan ponsel.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sering terjadi WhatsApp Web susah sinkron dengan ponsel (ilustrasi).
Foto: Unsplash
Sering terjadi WhatsApp Web susah sinkron dengan ponsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar digunakan di smartphone, WhatsApp Web memungkinkan Anda untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang di WhatsApp dari komputer Anda

WhatsApp Web membuat pengguna merasa lebih nyaman karena membaca dan menanggapi pesan dari layar yang lebih besar. Namun, salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna adalah ketika WhatsApp Web tidak menyinkronkan pesan ke ponsel Anda. Jika Anda menghadapi masalah ini, berikut beberapa solusi sederhana untuk memperbaikinya seperti dilansir dari Guiding Tech, Senin (16/1/2023).

Baca Juga

1. Pastikan koneksi internet bisa diandalkan

Ini adalah poin terpenting yang menyebabkan masalah sinkronisasi di WhatsApp Web. Smartphone dan komputer harus terhubung ke koneksi internet yang andal. Coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi yang stabil, bukan data seluler atau hotspot seluler.

Selain itu, periksa apakah koneksi internet Anda berfungsi dengan baik dan halaman web lainnya dimuat. Jika koneksi internet berfungsi dengan baik, tetapi WhatsApp Web tidak disinkronkan, coba sambungkan ke jaringan yang berbeda untuk melihat apakah ada perbedaan.

2. Hapus perangkat tertaut

WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan Linked Devices (perangkat tertaut) sebagai pengganti opsi WhatsApp Web tradisional. Jika Anda menghadapi masalah sinkronisasi setelah melakukan perubahan ini, coba hapus perangkat tertaut dari akun WhatsApp Anda dan tambahkan lagi. Berikut ini cara melakukannya.

Langkah 1: Buka WhatsApp pada ponsel Anda.

Langkah 2: Buka halaman 'Setting/pengaturan' di WhatsApp.

Langkah 3: Ketuk ‘Linked Devices atau Perangkat yang Ditautkan'.

Langkah 4: Di sini, Anda akan melihat daftar perangkat yang ditautkan. Ketuk pada perangkat di mana Anda menghadapi masalah sinkronisasi pada WhatsApp Web. Pilih 'Log Out (Keluar)'.

Langkah 5: Sekarang, kembali ke menu sebelumnya dan pilih ‘Link a Device (Tautkan Perangkat)'.

Langkah 6: Buka WhatsApp Web di komputer Anda dan pindai kode QR.

 

 

3. Hapus cache Whatsapp di ponsel Anda

Menghapus cache dapat memperbaiki masalah sinkronisasi. Tentu saja, ini hanya berlaku pada ponsel Android dan tidak bagi iPhone.

 

4. Beralih dari versi beta ke versi stabil

Jika Anda menggunakan WhatsApp versi beta pada ponsel Anda, itu mungkin menyebabkan masalah sinkronisasi pada WhatsApp Web. Perangkat lunak beta lebih sering tidak stabil dan dapat menyebabkan banyak bug atau masalah.

Copot pemasangan versi beta dan instal versi stabil WhatsApp dari play store atau app store bagi pengguna iphone. Pastikan Anda membuat cadangan data WhatsApp sebelum menghapus instalan aplikasi.

 

5. Instal ulang Whatsapp 

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk Anda, ada baiknya Anda menghapus WhatsApp dari ponsel dan menginstalnya kembali. Sekali lagi, pastikan Anda membuat cadangan pesan dan data WhatsApp sebelum menghapus instalan aplikasi.

 

6. Gunakan aplikasi desktop alih-alih browser

Beberapa pengguna telah mengamati bahwa WhatsApp versi desktop pada Windows dan macOS berfungsi lebih baik daripada menggunakan WhatsApp Web pada browser web. Hal ini tentunya patut dicoba untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah sinkronisasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement