Senin 16 Jan 2023 11:55 WIB

Mau Pindah Planet? NASA Temukan Planet 'Kembaran' Bumi

Ada planet lain di Bima Sakti yang dapat memberikan kehidupan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada planet lain di luar Bima Sakti yang dapat memberikan kehidupan (ilustrasi)
Foto: REUTERS/NASA/Handout/Files
Ada planet lain di luar Bima Sakti yang dapat memberikan kehidupan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Mungkinkah ada kehidupan di planet lain? Para ilmuwan bersama NASA menemukan tempat lain di luar Bima Sakti yang dapat memberikan kehidupan.

Para astronom telah menemukan eksoplanet TOI 700 e, yang merupakan dunia seukuran Bumi yang mengorbit di zona layak huni. NASA percaya planet ini berukuran sekitar 95 persen dari Bumi dan kemungkinan besar berbatu.

Baca Juga

Planet ini ditemukan menggunakan Satelit Transit Exoplanet Survey (TESS) NASA, yang mensurvei ribuan eksoplanet di sekitar bintang terdekat.

Eksoplanet sendiri merupakan planet di luar tata surya Bimasakti.

Berada di zona layak huni berarti suhu planet memungkinkan air berada dalam keadaan cair. Jika planet ini terlalu panas, airnya akan mendidih. Jika terlalu dingin, itu akan menjadi es.

Seperti dikutip dari situs nasa.gov, TOI 700 e adalah salah satu dari dua planet dalam sistem bintangnya yang dapat memberikan kehidupan. Planet ini seukuran Bumi yang mengorbit di dalam zona layak huni planet tersebut.

"Ini adalah salah satu dari sedikit sistem dengan beberapa planet kecil zona layak huni yang kita ketahui," kata Emily Gilbert, seorang akademisi di NASA's Jet Propulsion Laboratory. “Itu menjadikan sistem TOI 700 prospek yang menarik untuk diteliti lebih lanjut,” ujarnya.

TOI 700 sendiri telah diselidiki dalam kurun waktu tertentu. Maka untuk mengetahui detail TOI 700 e, peneliti membutuhkan waktu satu tahun tambahan. “TESS baru saja menyelesaikan tahun kedua pengamatan langit utara,” kata Allison Youngblood, astrofisikawan penelitian dan ilmuwan wakil proyek TESS. “Kami menantikan penemuan menarik lainnya yang tersembunyi di harta karun data misi.”

NASA mengatakan TOI 700 adalah planet yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi. Secara total, NASA telah menemukan empat ekoplanet yang mengitari sistem tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement