Jumat 13 Jan 2023 14:51 WIB

Berfungsi Luar Biasa, Yuk Kenali Bagian Otak

Otak terletak di tengkorak yang keras dan tebal dengan selaput dan cairan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ilustrasi otak manusia.
Foto: Indianexpress.com
Ilustrasi otak manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Otak adalah tempat manusia melakukan pemikiran. Semua indera terhubung dengan otak, memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan dunia. 

Seseorang bisa mengingat, memiliki emosi, menyelesaikan masalah, mengkhawatirkan banyak hal, memimpikan masa depan, bahkan mengendalikan tubuh kita di otaknya.

Baca Juga

Ya, fungsi organ ini begitu luar biasa. Bentuknya seperti bola jaringan keriput yang tampak abu-abu seukuran dua kepalan tangan. Otak terletak di tengkorak yang keras dan tebal dengan selaput dan cairan di sekeliling untuk melindunginya.

Otak merupakan bagian dari sistem saraf. Bersama dengan sumsum tulang belakang, itu membentuk sistem saraf pusat. Otak terhubung ke saraf yang bergerak ke seluruh tubuh. Saraf dari indera manusia, yaitu mulai dari pendengaran, penglihatan, sentuhan, dan lainnya.

Itu mengirimkan sinyal ke otak agar otak mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia luar. Otak juga mengirimkan sinyal menggunakan saraf ke otot untuk membuat tubuh kita bergerak. Yuk, kenali bagian-bagian otak, sebagai berikut, dikutip dari Ducksters:

  • Cerebrum

Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak. Ini adalah bagian atas keriput abu-abu. Permukaan otak besar disebut korteks serebral. Bagian otak yang berbeda menangani bagian tubuh yang berbeda. Bagian belakang berurusan dengan penglihatan sementara bagian lain berurusan dengan fungsi lain seperti gerakan, pendengaran, bahasa, dan sentuhan. Sistem kepintaran atau berpikir terkadang disebut bekat otak bagian ini.

 

  • Cerebellum

Di bagian belakang dan bawah otak adalah otak kecil. Bagian otak ini berhubungan dengan gerakan motorik. Ini memproses semua pesan motorik yang masuk dari saraf dan mencari tahu apa yang harus dilakukan. Otak kecil dapat mempelajari gerakan motorik dengan latihan yang memungkinkan kita melakukan hal-hal seperti mengendarai sepeda atau mengetik tanpa memikirkannya.

 

  • Batang Otak atau Medula

Di sinilah otak terhubung ke sumsum tulang belakang. Selain itu, banyak fungsi otomatis yang dikontrol di sini seperti menjaga detak jantung, bernapas, dan mencerna makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement