Selasa 10 Jan 2023 14:31 WIB

Ini Alasan Streaming Ilegal Dilarang

Memakai streaming ilegal juga berisiko terhadap keamanan data pribadi.

Rep: Fitriyanto/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dana streaming ilegal bisa digunakan untuk membiayai kejahatan terorganisir (ilustrasi).
Foto: Dok. MOLA
Dana streaming ilegal bisa digunakan untuk membiayai kejahatan terorganisir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Anda terbiasa menggunakan streaming secara ilegal? Lebih baik hentikan kebiasaan tersebut saat ini juga. Mengapa?

Boleh jadi tidak banyak tahu bahwa dana hasil dari streaming ilegal digunakan untuk membiayai kejahatan terorganisir yang serius dan unit kejahatan dunia maya.

Baca Juga

Inspektur detektif Matt McNellis dari operasi spesialis kejahatan dunia maya West Mercia, Inggris, seperti dikutip The Mirror, Selasa (10/1/2023), pihaknya  berkomitmen untuk melarang sumber pendapatan kriminal ini dan mengurangi kerugian yang dapat dilakukan oleh kelompok kejahatan terorganisir terhadap masyarakat.

Selain itu, menggunakan streaming ilegal pun berisiko terhadap keamanan data pribadi kita. “Mengakses film, serial TV, dan acara olahraga langsung dari sumber yang tidak sah adalah ilegal, dapat membuat konsumen berisiko seperti pencurian data dan malware, dan dapat membantu mendanai kelompok kriminal terorganisir,” ujar Inspektur kepala detektif Gary Robinson dari unit kejahatan kekayaan intelektual kepolisian Inggris. 

Kepala Eksekutif FACT, sebuah lembaga antipembajakan, Kieron Sharp menegaskan pihaknya ingin berterima kasih kepada jaringan intelijen badan pemerintah (GAIN), unit kejahatan kekayaan intelektual polisi (PIPCU), Polisi West Mercia, dan pasukan polisi lainnya di seluruh negeri atas dukungan untuk  membantu memastikan bahwa masyarakat disadarkan akan bahaya menggunakan layanan streaming ilegal. ''Yang lebih penting, mereka memahami bahwa ada risiko tuntutan pidana,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement