Selasa 10 Jan 2023 13:31 WIB

Hati-Hati Pakai Streaming Ilegal, Bisa Digerebek Polisi

Pengguna streaming ilegal dapat dikenakan tuntutan hukum.

Rep: Fitriyanto/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ilustrasi streaming ilegal sepakbola.
Foto: Dok. MOLA
Ilustrasi streaming ilegal sepakbola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Polisi dilaporkan akan mendatangi 1.000 rumah pada pekan ini saat mereka berupaya mengatasi streaming ilegal pertandingan Liga Premier. Menurut The Mirror, polisi telah mengidentifikasi pelanggan dari database dan memperingatkan bahwa mereka dapat menghadapi tuntutan hukum.  

“Kami dapat menerapkan taktik digital mutakhir untuk mengidentifikasi dan mendeteksi orang yang melanggar hukum,'' ujar Inspektur detektif Matt McNellis dari operasi spesialis kejahatan dunia maya West Mercia seperti dikutip The Mirror, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga

Tindakan keras itu dilakukan setelah penggerebekan oleh Polisi West Mercia terhadap layanan streaming ilegal yang berbasis di Inggris dengan tawaran program hiburan dan olahraga.

Langkah penggerebekan itu menargetkan orang-orang yang menonton pertandingan Liga Premier, pertandingan sepak bola dari seluruh Eropa dan olahraga serta film lainnya, dengan harga murah.  

Dalam pelaksanaan operasi yang disebut Raider tersebut, pihak kepolisian Inggris bergabung dengan petugas anti-pembajakan dari FACT dalam Operasi Raider. Bahkan, petugas mengatakan ada hubungan kuat antara streaming ilegal dan kejahatan terorganisir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement