Selasa 10 Jan 2023 11:57 WIB

Tidak Kalah Enak, Ini Dia Durian Unggulan Sukabumi

Durian lokal Sukabumi memiliki rasa manis dan tekstur daging tebal.

Durian lokal tentu tidak kalah lezat dengan durian produk luar negeri. Satu lagi varietas unggulan datang dari durian Sukabumi yang disebut siap bersaing di tingkat nasional.
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas
Durian lokal tentu tidak kalah lezat dengan durian produk luar negeri. Satu lagi varietas unggulan datang dari durian Sukabumi yang disebut siap bersaing di tingkat nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI --- Bagi para penggemar durian, coba varietas baru durian lokal, yaitu durian Sukabumi. Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan varietas durian unggulan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mampu bersaing di tingkat nasional, bahkan kualitasnya bisa melebihi atau minimalseimbang dengan varietas durian dari daerah lain.

"Durian lokal dari Kabupaten Sukabumi memiliki rasa yang manis dan legit, kemudian tekstur daging tebal, warna yang menarik serta aroma yang menggugah selera bagi para pecinta buah durian, ditambah biji yang kecil," katanya.

Baca Juga

Menurut Iyos, meskipun belum seterkenal durian Medan, montong, dan lainnya, tetapi durian unggulan Sukabumi ini sudah banyak diburu oleh para pencinta durian yang datang dari berbagai daerah di Indonesia karena kelezatannya.

Selain itu, lanjutnya, para petani durian di Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Cikakak tidak sulit untuk memasarkan. Bahkan, durian yang masih berada di pohon atau belum dipanen sudah banyak yang memesan.

Adapun enam varietas durian lokal Sukabumi yang menjadi unggulan dan siap bersaing di tingkat nasional yakni Vanessa, Sibo, Sisultan, Sibugis, Sirusa, Silenggut, dan Sicoklat.

Meskipun durian unggulan Sukabumi itu mudah diserap oleh pasar, tapi pihaknya akan terus melakukan promosi agar bisa lebih dikenal lagi di tingkat nasional atau bahkan internasional.

"Tentunya durian lokal unggulan ini bisa menjadi kebanggaan dan ikon Kabupaten Sukabumi, sehingga ke depan wisatawan yang datang tidak hanya sebatas mengunjungi objek wisata saja, tetapi juga mencari durian untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh khas Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement