Senin 09 Jan 2023 19:07 WIB

Asyik, Android Bisa Dapat Konektivitas Satelit

Jika tidak ada jangkauan seluler, ponsel tetap dapat terhubung dengan satelit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Satelit (ilustrasi)
Foto: VOA
Satelit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Kemitraan baru antara perusahaan telepon satelit Iridium dan raksasa chip Qualcomm akan menghadirkan konektivitas satelit ke ponsel pintar Android premium, akhir tahun ini. Artinya, di tempat-tempat di mana tidak ada jangkauan seluler, handset dapat terhubung dengan satelit yang lewat untuk mengirim dan menerima pesan.

Apple mengumumkan fitur satelit untuk iPhone 14 pada September 2022. Layanan saat ini hanya tersedia untuk mengirim dan menerima pesan teks dasar dalam keadaan darurat.

Baca Juga

Pembuat ponsel pintar Inggris, Bullitt, adalah yang pertama meluncurkan layanan satelitnya sendiri, mengalahkan Apple. Ini juga untuk penggunaan darurat, dan akan tersedia di area tertentu saat pertama kali diluncurkan.

“Kemitraan baru ini akan membuat layanan yang sama dapat diakses oleh jutaan lebih banyak pengguna ponsel cerdas, tanpa mengikat mereka pada merek tertentu, tetapi tergantung pada pabrikan untuk mengaktifkannya,” demikian dikutip dari laman BBC, Senin (9/1/2023).

Iridium adalah sistem telepon satelit asli, mengirimkan satelit pertamanya ke orbit pada tahun 1997. Ini menyelesaikan penyegaran jaringan 75 pesawat ruang angkasa pada tahun 2019.

Satelit menutupi seluruh dunia dan terbang di orbit rendah, sekitar 485 mil (780 km) di atas Bumi, dan sekelompok satelit dapat berkomunikasi satu sama lain, mengirimkan data satu sama lain.

Qualcomm mengatakan bahwa pada awalnya fitur baru, yang disebut Satelit Snapdragon, hanya akan dimasukkan ke dalam chip premiumnya sehingga tidak mungkin muncul di perangkat anggaran.

Namun pada akhirnya akan diluncurkan ke tablet, laptop, dan bahkan kendaraan, dan juga menjadi layanan yang tidak terbatas pada komunikasi darurat - meskipun kemungkinan akan dikenakan biaya untuk ini.

Konektivitas satelit secara luas dianggap sebagai perbatasan berikutnya untuk ponsel karena menangani masalah "not-spots", area di mana tidak ada jangkauan. Ini cenderung lebih umum di pedesaan atau tempat-tempat terpencil.

Fitur itu telah berhasil digunakan untuk menyediakan jangkauan broadband oleh layanan seperti Starlink Elon Musk. Broadband satelit cepat dan umumnya dapat diandalkan, tetapi lebih mahal daripada koneksi kabel atau serat. Penggunaan fitur tersebut akan tunduk pada peraturan pemerintah setempat, karena negara-negara termasuk India dan Cina melarang penggunaan telepon satelit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement