Ahad 08 Jan 2023 11:39 WIB

Apple Batalkan Pengembangan iPhone SE Generasi Keempat

IPhone SE generasi keempat digadang-gadang jadi modem 5G internal Apple

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas menunjukan seri iPhone. Apple dilaporkan telah membatalkan pengembangan iPhone SE baru. Menurut analis Ming-Chi Kuo, perusahaan baru-baru ini memberi tahu pemasok bahwa mereka tidak akan merilis model SE generasi keempat pada suatu waktu di tahun 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menunjukan seri iPhone. Apple dilaporkan telah membatalkan pengembangan iPhone SE baru. Menurut analis Ming-Chi Kuo, perusahaan baru-baru ini memberi tahu pemasok bahwa mereka tidak akan merilis model SE generasi keempat pada suatu waktu di tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple dilaporkan telah membatalkan pengembangan iPhone SE baru. Menurut analis Ming-Chi Kuo, perusahaan baru-baru ini memberi tahu pemasok bahwa mereka tidak akan merilis model SE generasi keempat pada suatu waktu di tahun 2024.

Dilansir dari Engadget, Ahad (8/1/2023), dalam postingan Medium yang dilihat oleh MacRumors, Kuo mengatakan perangkat tersebut  tadinya akan menjadi debut modem 5G internal pertama Apple. Analis itu juga menambahkan bahwa perusahaan telah merencanakan untuk menguji dan menyempurnakan chip pada SE sebelum meluncurkannya secara lebih luas ke iPhone 16 dan seterusnya.

Kuo malah menyarankan Apple sekarang lebih mungkin untuk terus menggunakan modem Qualcomm hingga 2024. Kuo tidak mengatakan mengapa Apple mengesampingkan iPhone SE generasi keempat atau apakah kinerja chip 5G milik Appe ada hubungannya dengan keputusan tersebut.

Selama lebih dari satu dekade, Apple telah mencoba mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm. Pada tahun 2019, keduanya mengakhiri perseteruan paten mereka dan menandatangani kesepakatan pasokan chip nirkabel “bertahun-tahun”, namun beberapa bulan kemudian, Apple membeli sebagian bisnis modem seluler Intel.

Kemudian pada akhir 2020, perusahaan mengungkapkan sedang mengerjakan chipset selulernya sendiri. Ada sedikit berita tentang proyek pengerjaan chipset seluler sendiri sejak saat itu.

Sebelumnya, Apple Inc mendapatkan paten untuk generasi terbaru Apple Pencil miliknya. Apple Pencil terbaru ini dikabarkan sudah dilengkapi sensor untuk mengenali warna dan tekstur.

Dalam berkas paten yang diajukan ke Patent and Trademark Office Amerika Serikat bernomor 20220413636 A1, melansir Phone Arena, Senin (2/1/2023), Apple menanamkan sensor optik dan emitor cahaya pada ujung (nib) Pencil. Sensor optik pada Apple Pencil berfungsi untuk mengenali warna dan tekstur pada permukaan sebuah objek, sementara emitor cahaya untuk membaca spektrum warna.

Untuk mengenali warna dan tekstur, pengguna mungkin perlu memegang Apple Pencil pada sudut tertentu atau memerlukan pencahayaan tertentu. Hasil warna dan tekstur yang dikenali Apple Pencil akan dikirimkan kepada gawai yang disandingkan (pairing), misalnya tablet atau komputer.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement