Jumat 06 Jan 2023 21:45 WIB

Ini 5 E-reader agar Nyaman Baca Buku Elektronik

Peranti ini memungkinkan pembaca membawa perpustakaan pribadi ke mana pun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Kindle adalah salah satu e-reader yang dapat digunakan untuk membaca buku elektronik (e-book).
Foto: Reuters
Kindle adalah salah satu e-reader yang dapat digunakan untuk membaca buku elektronik (e-book).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Selain melalui gawai seperti ponsel pintar dan tablet, para pembaca buku bisa menggunakan e-reader untuk membaca buku elektronik (e-book). E-reader adalah alat baca elektronik yang digunakan untuk melihat buku, majalah, surat kabar dalam format digital.

E-reader ini nirkabel dan portabel sehingga memungkinkan pembaca membawa perpustakaan pribadi ke mana pun mereka pergi. Dilansir dari Easy Tech Junkie, Jumat (6/1/2023), sebagian besar e-reader bisa menyimpan beberapa ratus e-book.

Baca Juga

Selain itu, pembaca juga dapat berlangganan koran dan majalah versi elektronik. Beberapa e-reader juga menawarkan akses ke perpustakaan umum melalui pembaca sehingga mereka dapat menelusuri dan melihat e-book.

Berikut ini lima e-reader yang dapat digunakan untuk membaca e-book.

· Amazon Kindle

Dilansir dari situs GCF Global, Amazon Kindle mungkin adalah e-reader yang paling populer dan terkenal yang saat ini ada di pasaran. Ada beberapa versi Kindle, semuanya memiliki kisaran harga yang berbeda. Misalnya, Amazon Kindle (2022) yang dibanderol 100 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,5 juta.

Kindle ini memiliki tinggi 6,2 inci dan lebar 4,3 inci, dengan layar 6 inci. Dilansir dari Wired, harganya naik 10 dolar AS atau sekitar Rp 156.433,- dari versi terakhir, tetapi ini memiliki penyimpanan 16GB dan layarnya beresolusi 300 piksel per inci (PPI) dibandingkan versi lama 197 PPI).

Konsumen yang membeli Amazon Kindle (2022) mendapat port USB-C. Kindle ini tidak kedap air, tidak mendapatkan pencahayaan yang hangat atau lampu penyesuaian otomatis.

 Bagi yang ingin membeli ini mungkin memerlukan waktu lama. Pasalnya, tidak ada stok yang tersedia di situs Amazon. “Sementara kehabisan stok. Kami bekerja keras untuk mengembalikan stok secepat mungkin,” berdasarkan tulisan yang ada di situs Amazon.

 

· Nook

Nook adalah e-reader yang dirancang oleh toko buku terbesar di AS,  Barnes & Noble. Perangkat ini dibuat dengan mempertimbangkan pembaca. Nook dapat dibeli di situs resmi Barnes & Noble. Salah satu produk yang menarik adalah NOOK GlowLight 4 Pearl Pink Limited Edition yang dibanderol 149,99 dolar AS atau sekitar Rp 2,3 juta.

E-reader tersebut memiliki layar 300-dpi beresolusi tinggi enam inci dengan lensa tahan silau, gores, dan sidik jari bawaan. Produk ini juga memiliki memori 32 GB dengan rincian 29,1 GB untuk konten NOOK Store dan konten yang dimuat di samping.

Pembaca juga bisa membaca selama kurang lebih satu bulan dengan sekali pengisian daya. NOOK Glowlight 4 Pearl Pink Limited Edition ini memiliki NOOK Reading App gratis untuk perangkat iPhone, iPad dan Android memudahkan Anda melanjutkan membaca dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

 

·BOOX

BOOX merupakan merek perangkat elektronik  E Ink (Epaper) dari ukuran enam inci hingga 13 inci. Pembaca tidak hanya mendapat pengalaman membaca di atas kertas dengan menggunakan BOOX. Namun juga mendapatkan pengalaman menulis, menggambar, dan mencatat yang optimal.

Di situs resminya harga tablet E Ink pun beragam mulai dari 139.99 dolar AS atau sekitar Rp 2,1 juta hingga 879.99 dolar AS atau sekitar Rp 13,7 juta. Ini dapat dibeli di situs resmi BOOX. Opsi lainnya, konsumen Indonesia  bisa membeli di salah satu e-commerce lokal, Tokopedia.

 

·Kobo

Meskipun kurang terkenal dibandingkan Kindle, Kobo adalah e-reader lain yang dirancang dengan sangat baik. Berbeda dengan Kindle, Kobo biasanya dijual di toko buku kecil (walaupun pembaca buku juga bisa membelinya secara online).

Salah satu produk Kobo adalah Kobo Elipsa. Menurut ulasan PC Mag, layar tajam 10,3 inci Kobo Elipsa sangat cocok menampilkan buku dan dokumen format besar.

Stylusnya juga berguna untuk menandai buku dan dokumen. Selain desainnya yang indah, Kobo Elipsa juga terintegrasi dengan perpustakaan umum.

Kobo Elipsa juga memiliki kekurangan, di antaranya opsi ekspor dokumen terbatas dan aplikasi pencatat kekurangan lapisan dan warna.  E-reader ini dibanderol 399 dolar AS atau sekitar Rp 6,2 juta. Di situs Rakuten Kobo disebutkan Kobo Elipsa memiliki penyimpanan 32GB. Jumlah tersebut adalah empat kali jumlah yang ditemukan di sebagian besar e-reader.

 

·PocketBook

PocketBook adalah salah satu produsen e-reader global terbesar berdasarkan teknologi E Ink, dengan kantor pusat di Lugano, Swiss. PocketBook menjual produknya di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Berdasarkan situs PocketBook, teknologi E Ink dikembangkan sebagai alternatif dari buku kertas biasa untuk memberikan kebebasan lebih bagi mereka yang gemar membaca. Pembaca bisa membaca di perangkat E Ink selama berjam-jam tanpa mengurangi efektivitas.

PocketBook memiliki banyak produk, salah satunya Touch Lux 5 (Black). Produk ini ada di bagian Best Seller dalam situs resmi PocketBook.

E-reader ini dilengkapi dengan layar HD E Ink Carta enam inci, dengan sifat optik sedekat mungkin dengan halaman buku cetak standar. Touch Lux 5 (Black) dapat menyesuaikan kecerahan dan suhu warna layar dengan teknologi SMARTlight.

Prosesor dual-core yang kuat memungkinkan PocketBook Touch Lux 5 menangani tugas dengan cepat dan lancar. E-reader ini juga sangat ergonomis dan ringat, dengan berat hanya 155 gram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement