Kamis 05 Jan 2023 16:37 WIB

Canggih, Pakai Laptop Ini Bisa Lihat Karya Seni 3D tanpa Kacamata VR/AR

Layar laptop dapat diletakkan rata dan memberikan sudut pandang 180 derajat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Asus merilis layar OLED 3D bebas kacamata (ilustrasi).
Foto: ASUS
Asus merilis layar OLED 3D bebas kacamata (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi desainer produk, seniman, dan pekerja profesional lain, teknologi 3D menawarkan kesempatan baik untuk memeriksa desain dari setiap sudut sebelum diproduksi. Namun, biasanya, pengalaman 3D memerlukan headset atau kacamata VR/AR.

Untuk mempermudah melihat gambar 3D, Asus merilis layar OLED 3D bebas kacamata. Asus menyebut teknologi tampilan barunya dengan Spatial Vision dan akan tersedia pertama kali di ProArt Studiobook 16 3D OLED (H7604) dan Zenbook Pro 16X OLED (UX7602BZ).

Baca Juga

Dengan penglihatan spasial, pengguna dapat dengan mudah beralih antara 2D dan 3D dengan citra 3D muncul dari layar. Teknologi OLED 3D bebas kacamata (autostereoscopic) menggunakan lensa lenticular dan teknologi kamera pelacak mata canggih. Ini menghadirkan gambar berbeda dengan menciptakan efek 3D tanpa bantuan perangkat yang perlu dikenakan.

Layar OLED menawarkan rasio kontras 1.000.000:1, waktu respons 0,2 ms, dan kecepatan refresh 120 Hz untuk visual yang mulus. Untuk membantu pengguna memulai dengan tampilan inovatif, Asus menawarkan aplikasi di Asus Spatial Vision Hub untuk menonton video dan film 3D, bermain game 3D, dan menikmati visualisasi model 3D atau pembuatan konten.

ProArt Studiobook 16 3D OLED (H7604) dirancang untuk menjadi mobile workstation bagi para kreator. Layar laptop dapat diletakkan rata, menawarkan sudut pandang hingga 180 derajat. Muncul dengan prosesor Intel Core i9-13980HX Generasi ke-13, GPU Laptop Seri Nvidia GeForce RTX 40 dan memori yang dapat diupgrade hingga 64 GB.

Dilansir ZDNET, Kamis (5/1/2022), Asus mengklaim layar OLED 16 inci dengan akurasi warna bersertifikat memberikan visual yang tak tertandingi. Pada kuartal dua (Q2) 2023, keluarga ProArt Studiobook 16 OLED akan diperbarui dengan model yang menampilkan GPU laptop Nvidia RTX bersertifikasi profesional.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement