Rabu 04 Jan 2023 20:03 WIB

Ini Dia Oven Cerdas Anti-Gosong

Oven Samsung ini dilengkapi kamera dan kecerdasan buatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung meluncurkan berbagai alat elektronik canggih yang didukung kecerdasan buatan (AI).
Foto: AP/Ahn Young-joon
Samsung meluncurkan berbagai alat elektronik canggih yang didukung kecerdasan buatan (AI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Dengan teknologi, kini seseorang tidak perlu lagi membuka pintu oven untuk memeriksa tingkat kematangan makanan yang sedang dibuat. Samsung menciptakan Bespoke AI Wall Oven baru yang dilengkapi dengan kamera internal dan teknologi kecerdasan buatan AI deteksi luka bakar.

Bespoke AI Wall Oven adalah salah satu peralatan dapur pintar baru yang diluncurkan Samsung menjelang CES 2023. Kamera internalnya memungkinkan Anda memeriksa apa pun yang sedang Anda masak—dan bahkan berbagi tampilan streaming langsung di media sosial.

Baca Juga

Lebih praktisnya, algoritme AI Pro Cooking yang menyertainya dapat mengenali hingga 80 hidangan (106 di Eropa) dan merekomendasikan suhu, waktu, dan mode sesuai untuk memasak, lalu mengirimkan notifikasi untuk membantu mencegah makanan Anda gosong. Oven ini juga dilengkapi dengan pintu push-to-open untuk tampilan yang lebih ramping, belum lagi kemudahan mendorong pintu terbuka dengan bahu saat tangan Anda penuh.

Dilansir dari CNET, Rabu (4/1/2023), Bespoke AI Oven tersedia di Eropa dan akan diluncurkan di Amerika Utara pada kuartal ketiga.

Samsung juga memperkenalkan tiga model kulkas Bespoke baru, yaitu 4 Door Flex Refrigerator dengan Family Hub, Side-by-Side Refrigerator, dan  Top Mounted Freezer Refrigerator. Dari ketiganya, 4 Door Flex Refrigerator bisa dibilang yang paling mengesankan dengan layar sentuh Family Hub Plus 32 inci yang menjadikannya “pusat komunikasi dan hiburan all-in-one”. Layar yang lebih besar memudahkan untuk melihat dan mengelola beberapa aplikasi sekaligus, sementara integrasi dengan Google Photos dapat mengubah tampilan Anda menjadi bingkai foto digital.

Kamera ViewInside yang didukung AI membantu Anda melacak inventaris dan dapat menganalisis gambar dan label makanan. Fitur pendinginan dan penyimpanan mencakup Beverage Center yang populer, Dual Ice Maker untuk kubus biasa dan lebih kecil, serta Flex Zone yang memungkinkan Anda mengubah ruang antara freezer dan penggunaan pendinginan standar.

Side-by-Side Refrigerator dan Top Mounted Freezer lebih mengutamakan gaya daripada kepintaran dengan desain modern, gagang tersembunyi, dan beragam warna serta sentuhan akhir. Seperti 4 Door Flex, kulkas ini juga dilengkapi Beverage Center, Dual Ice Maker, dan konektivitas Wi-Fi untuk memantau penggunaan energi.

4 Door Flex Refrigerator akan diluncurkan di Amerika Utara pada paruh pertama tahun 2023, sedangkan model Side-by-Side ditetapkan untuk kuartal pertama tahun ini, Top Mounted Freezer menyusul segera setelahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement