Selasa 03 Jan 2023 19:47 WIB

Ini 4 Fitur Android yang Harus Dibawa Apple ke iOS 2023

Fitur tersebut dapat digunakan agar iPhone makin praktis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah fitur di smartphone Android seharusnya ada juga di iPhone.
Foto: Unsplash
Sejumlah fitur di smartphone Android seharusnya ada juga di iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Apple iPhone memiliki daya tarik tersendiri, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Jika Anda bertanya kepada pengguna Android, mereka mungkin akan memiliki daftar hal yang tidak ada di iPhone tetapi melekat pada perangkat Android.

Dalam hal adaptasi teknologi baru, Apple enggan jika dibandingkan dengan Android, yang merupakan platform terbuka. Dilansir dari Indian Express, Selasa (3/1/2023), berikut lima fitur yang harus segera ditiru Apple dari Android agar iPhone dan iOS semakin praktis.

Perhatikan bahwa ini sebagian besar adalah fitur yang berpusat pada perangkat lunak, yang dapat diaktifkan oleh Apple hanya dengan pembaruan perangkat lunak. Artinya, tidak hanya untuk model yang lebih baru, tetapi Apple dapat memperkenalkan fitur ini pada model iPhone lama melalui iOS 17.

  • Magic eraser

Magic eraser sekarang menjadi fitur umum pada perangkat dari smartphone Samsung, Google, dan Vivo. Fitur ini memiliki kemampuan menghapus objek yang tidak diinginkan atau bahkan manusia dari gambar hanya dengan beberapa langkah.

Magic eraser akan membuat gambar untuk media sosial Anda siap dalam waktu singkat. Dengan iOS 16, iPhone dapat dengan jelas menghapus seluruh latar belakang tetapi tidak memiliki penghapus objek seperti sekarang.

 

  • Split screen untuk aplikasi

Ponsel pintar Android memiliki multitasking yang lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone. Meskipun ada sejumlah peningkatan multitasking pada iPhone 14 Pro dengan Dynamic Island , Apple tetap tidak mengizinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi dalam mode split screen pada saat yang bersamaan. Seharusnya Apple memungkinkan adanya split screen multitasking setidaknya pada iPhone layar besar seperti iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro Max.

 

  • App sideloading

App sideloading adalah fitur lain yang diminta pengguna, dan Apple menolaknya dengan menyatakan bahwa itu dapat memengaruhi aspek keamanan iPhone. Mengizinkan pengguna untuk melakukan sideload sebuah aplikasi juga akan memberi mereka lebih banyak kebebasan bagi pengguna menikmati aplikasi dan gim dari toko aplikasi luar, dan akan membuat iPhone lebih terbuka.

 

  • File manager yang lebih baik

Aplikasi file di iPhone memiliki kemampuan yang sangat terbatas dibandingkan dengan Android. Tidak hanya itu, pengguna tidak bisa mengakses semua konten yang tersimpan di iPhone dari PC atau laptop. File manager yang lebih baik akan memudahkan pengguna untuk berbagi konten antar perangkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement