Selasa 27 Dec 2022 15:07 WIB

12 Penemuan Virus yang Viral di 2022, Virus Zombie Hingga Raksasa Danau Arktik (1)

Virus memiliki peran dalam membentuk lintasan semua kehidupan di bumi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Virus (ilustrasi)
Foto:

Virus “Mono” memicu penyakit autoimun

Virus di belakang "mono" dapat memicu perkembangan multiple sclerosis (MS), penyakit autoimun yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Para ilmuwan masih mempelajari mengapa virus yang disebut virus Epstein-Barr, sangat terkait dengan MS.

Virus raksasa di danau Arktik

Virus raksasa yang menginfeksi alga ditemukan di Danau Epishelf Milne Fiord yang terletak kurang dari 500 mil (800 kilometer) dari Kutub Utara. Virus tersebut dapat berukuran lebih besar dari beberapa bakteri dan mengandung DNA kompleks. Para ilmuwan masih menemukan varietas baru dari virus raksasa. Saat ini, mereka mempelajari bagaimana gen virus bekerja dan bagaimana virus menginfeksi sel.

Virus bakteriofag

 

Virus yang menginfeksi bakteri atau bakteriofag dapat membuat antibiotik lebih efektif dengan membersihkan kuman super yang resistan terhadap obat yang tidak dapat diobati. Dalam satu kasus yang menarik, dokter membiakkan virus di cawan laboratorium bersama bakteri super. Hasilnya, virus itu bisa membunuh bakteri dengan baik. Dokter melepaskan virus itu ke dalam infeksi kronis seorang wanita yang akhirnya membantu menyembuhkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement